Heboh Bayi Minum Kopi 5 Gelas Sehari, Bolehkah?

Hadijah Haura, bayi yang minum kopi lima gelas sehari. (foto: Tribunnews)

RADARSUKABUMI.com – Cerita seorang bayi perempuan berusia 14 bulan yang meminum lima gelas kopi setiap hari sedang heboh. Bayi tersebut bernama Hadijah Haura, berasal dari Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Hadijah sudah terbiasa menyeruput kopi sejak berusia 6 bulan. Kedua orangtuanya beralasan terpaksa menyuguhi kopi tubruk ke anaknya lantaran tak mampu membeli susu.

Bacaan Lainnya

Dilansir dari Kompas.com, kopi memang minuman primadona yang kaya akan manfaat. Manfaat kopi pun sudah dibuktikan dalam berbagai riset ilmiah. Kopi memang minuman yang identik dengan orang dewasa yang memiliki segudang kesibukan.

Selama ini, belum ada riset yang membuktikan manfaat kopi untuk anak-anak. Minuman berkafein ini sebenarnya bisa menjadi “racun” bagi buah hati kita. Melansir laman Hello Sehat, kandungan kafein menyebabkan kopi jadi minuman yang berisiko bagi anak-anak. Baca juga: Viral Orangtua Berikan Kopi pada Bayinya, Hati-hati Takikardia Kafein Kafein adalah zat stimulan alami yang bisa ditemukan dari berbagai sumber, misalnya kopi, soda, minuman energi, dan teh.

Fungsi dari zat stimulan ini adalah membantu kita tetap terjaga dan berenergi. Para ahli juga menyarankan agar
anak-anak tidak mengonsumsi kafein lebih dari 45 miligram per hari. Padahal, kafein tidak hanya ditemukan pada kopi.

Bisa jadi si kecil telah mendapatkan asupan kafein dari minuman lain seperti teh atau soda. Pada anak-anak, dampak
minum kopi bisa mempengaruhi pertumbuhan dan kesehatan hingga dalam jangka panjang.

Kopi bisa menyebabkan sang buah hati mengalami insomnia, hiperaktif, dan susah makan. Selain itu, sifat diuretik pada kopi juga bisa membuat penyerapan kalsium di dalam tubuh anak terganggu. Padahal, kalsium sangat dibutuhkan oleh anak-anak untuk membentuk tulang dan gigi yang kuat.

Lantas pada usia berapa anak boleh meminum kopi? Memang belum ada standar yang resmi dari badan kesehatan tertentu untuk mengetahui mulai usia berapa anak boleh minum kopi. Berdasarkan pertimbangan risiko yang ditimbulkan kopi bagi anak, sebaiknya Anda tidak membiasakan anak untuk minum kopi sebelum anak menginjak usia 18 tahun.

Ahli gizi Amerika Serikat, Andy Bellati, juga mengimbau anak dan remaja di bawah usia 18 tahun untuk menghindari kopi. Ia menambahkan, kopi yang perlu dihindari oleh anak-anak tak hanya berupa kopi hitam, tetapi juga berbagai jenis minuman berbahan dasar kopi seperti kopi susu, cappuccino, frappuccino, latte, dan sejenisnya. Orangtua juga sebaiknya memperhatikan kadar kafein yang dikonsumsi anak melalui soda, teh, atau minuman berenergi.

(kompas/izo/rs)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *