Desa Bumbangsari Juara Lomba Desa

*Wakili Cianjur ke Tingkat Provinsi Jabar

Duddy Setiadi

CIANJUR–Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Ketahanan Pangan Daerah (BPMD-KPD) Kabupaten Cianjur akhirnya mengumumkan juara lomba desa tingkat Kabupaten Cianjur tahun 2012.
Juara lomba desa tingkat Kabupaten Cianjur jatuh pada Desa Bumbangsari Kecamatan Takokak, Cianjur. “Desa Bumbangsari juara pertama. Juara kedua Desa Sukarama Bojongpicung dan juara ketiga Desa Karyamukti Haurwangi,” jelas Kepala BPMD-KPD Arif Purnawan didampingi Kabid Bina Pembangunan Asep Irawan, kemarin.

Desa Bumbangsari juara kabupaten merupakan satu-satunya desa yang maju dan sekaligus mewakili seluruh desa se Kabupaten Cianjur pada lomba serupa tingkat Provinsi Jawa Barat. “Penilaian lomba desa, khususnya tim provinsi akan menilai desa tersebut tanggal 21 Mei 2012,” terangnya.

Kades Bumbangsari Duddy Setiadi mengatakan, desanya telah dipercaya dan nasib menjadi juara lomba tingkat Kabupaten Cianjur. Hal itu tak lepas dari perjuangan dirinya yang melibatkan aparatur desa, LPM, BPD, tokmas dan masyarakat, serta pembinaan pihak terkait.

“Patokan saya hanya sederhana dan tidak mengada-ada, yaitu bagaimana memotivasi masyarakat desa untuk tetap melaksanakan berbagai kegiatan. Tetapi hasilnya harus nyata,” ujar Duddy di kantor Apdesi Cianjur Komplek SMPN 1 Cianjur.

Duddy memahami akan arti dan tujuan lomba desa, yakni awal dari kebangkitan untuk membangun desa. Dan paling penting bagaimana masyarakat dapat melestarikan hasil lomba desa.

“Hemat saya bukan untuk mengejar target juara saja, tetapi hasil-hasil lomba desa tersebut dapat menjadi motivasi bagi masyarakat untuk tetap melaksanakan berbagai kegiatan. Karena jika kebersamaan untuk membangun dan kompak, ya buktinya akan terasa dan nyata,” tegasnya.

Pihaknya berharap, dalam menghadapi lomba agar turun tangan dari dinas terkait, misalnya Dinas BinaMarga dan Dinas tata Ruang. Masalahnya, lingkungan desa yang akan menjadi objek penilaian terdapat banyak yang kurang untuk ditata dengan baik. “Hanya itu saja yang harus segara diperbaiki dan melibatkan PU Bina Marga dan Dinas Tata Ruang,” harapnya.
Ketua Tim Lomba Desa Asep Irawan berjanji akan fokus pembinaan desa tersebut, untuk menghadapi lomba desa tingkat provinsi. Meski sebelumnya sudah mendapat pengalaman melalui penyelenggaraan perlombaan tingkat
kabupaten. “Walau bagaimanapun Desa Bumbangsari satu-satunya yang mewakili Kabupaten Cianjur,” ujarnya.
Untuk diketahui, lomba ini secara berjenjang dari tingkat kabupaten, provinsi sampai nasional. Penilaian ada delapan kriteria yaitu bidang pendidikan, kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, pemerintahan desa, keamanan dan ketertiban masyarakat, lembaga kemasyarakatan, PKK dan partisipasi masyarakat.
Adapun data Desa Bumbangsari memiliki 32 RT dan 10 RW ini tercatat sebagai desa taat pajak. Bahkan dibuktikan sejak tahun 2008-2011 selalu meraih juara terbaik lunas pajak atau PBB se Cianjur.
Maka tak heran jika Pemkab Cianjur memberikan hadiah berupa sepeda motor, dan banyak hadiah lainnya untuk desa tersebut. Sehingga pantas menjadi contoh bagi desa-desa lainnya di Kabupaten Cianjur.(tan)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=11655

Posted by on 14 Mei 2012. Filed under CIANJUR. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.