Daftar Sekarang, Berangkat Haji 2018

CIKOLE – Daftar tunggu pendaftar haji di Kota Sukabumi nampaknya sangat penuh. Pasalnya, calon jamaah haji (CJH) yang mendaftar haji di tahun 2012 baru bisa berangkat di tahun 2018. Jumlah jamaah haji yang mendaftar sampai 2018 terhitung sebanyak 1.400 jamaah.

“Pemberangkatan jamaah haji di Kota Sukabumi memang peminatnya sangat padat, karena jumlah kuotanya yang sedikit dalam setiap tahun yakni hanya 280 jamaah,” terang Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Kementerian Agama (Kemenag) Kota Sukabumi, E Sutisna kepada Radar SUkabumi, kemarin.

 Kepastian berangkat haji sendiri, dilihat dari kuota jamaah yang berangkat. Kuota jamaah haji di Kota Sukabumi berdasarkan ketentuan dari Provinsi Jawa Barat. Namun jika terdapat keputusan tambahan, kuota untuk Sukabumi bisa berubah. “Tidak bisa sekarang daftar dan tahun ini berangkat juga. Sebab, sudah banyak yang daftar dan dihitung dengan kuota, baru bisa berangkat empat tahun mendatang,” ujarnya.

 Dikatakannya tidak ada batasan usia bagi CJH yang ingin berangkat ke Tanah Suci. Hanya saja, jika ada tambahan yang diutamakan adalah dari usia lanjut. Untuk itu, ia meminta pada CJH untuk mengikuti rangkaian manasik haji. Dengan rincian, di tingkat Kecamatan sebanyak 11 kali dan tingkat kota empat kali. “Kita berharap ketetapan kuota sudah turun sebelum bulan Ramadhan,” kata E Setiawan.

 Banyaknya antrean CJH di Kota Sukabumi membuat kepadatan berangkat sehingga harus menunggu hingga enam kali pemberangkatan atau waktu enam tahun. “Untuk jamaah yang mendaftar di tahun 2012 baru bisa berangkat tahun 2018. Usia jamaah haji yang berangkat didominasai 60 persen usia tua atau kisaran 60 tahun sampai 80 tahun,” pungkasnya.(fkr)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=11316

Posted by on 11 Mei 2012. Filed under KOTA SUKABUMI. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.
Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect. -->