BRI Cianjur Diserang Teroris

DISERANG TERORIS: Nampak situasi saat simulasi penangkapan teroris yang menyerang salah satu objek vital di Cianjur, kemarin.(FOTO:ZULFAH ROBBANIA/RADAR CIANJUR)

CIANJUR–Kelompok teroris menyerang BRI Cabang Cianjur di Jalan Adi Sucipta, Cianjur. Sejumlah nasabah yang sedang melakukan transaksi sempat disandera dan dua warga sipil mengalami luka, Rabu, (9/5). Namun, peristiwa itu hanya berlangsung singkat. Sebab, beberapa saat kemudian, pasukan Penanggulangan Teror (Gultor) Yonif 300 Raider langsung bereaksi cepat.

Berkat kecekatan dan keahlian pasukan Gultor Yonif 300 Raider, para teroris yang bersenjata api tersebut berhasil dilumpuhkan. 10 kawanan teroris berhasil ditangkap dan sejumlah nasabah berhasil dibebaskan. Namun, dari aksi penyelamatan tersebut dua warga sipil menjadi korban akibat baku tembak yang terjadi.

 Aksi penyelamatan sendiri, dilakukan oleh sedikitnya 40 personil dengan dibagi dua tim, dengan dipimpin oleh Danyonif 300 Raider Banjar Kadaton Letkol Inf S J Aling. Tim pertama melakukan aksi penyelamatan dengan sekaligus mengamankan sekitar lokasi.

Dalam aksi penyelamatannya, atas dasar pertimbangan keselamatan warga, pihaknya mencoba untuk melaku negosiasi. Proses negosiasi sendiri berjalan alot, sehingga pasukan mencoba untuk merangsek masuk untuk menaklukkan teroris.

 Saat baku tembak terjadi, tim kedua melakukan aksi penyelamatan melalui helikopter dan langsung masuk melalui lantai tiga kantor BRI. Akhirnya, aksi teroris tersebut berhasil dilumpuhkan dan puluhan nasabah berhasil diselamatkan.

 Situasi tersebut merupakan sedikit gambaran saat simulasi penanganan teroris oleh Yonif 300 Raider. Danyonif 300 Raider Banjar Kadaton Letkol Inf S J Aling mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilakukan untuk menjaga keamanan wilayah Cianjur dari hal yang tak terduga. Dia menyebutkan, kegiatan simulasi penanganan teroris ini, tidak terkait dengan wilayah Cianjur yang rawan akan kelompok teroris.

 “Kami menjalankan apa yang menjadi tugas dan fungsi kami. Terkait kegiatan sekarang ini, merupakan agenda rutin. Dalam pelaksanaannya, kita koordinasi dengan sejumlah pihak, termasuk Polres Cianjur,” terangnya.

Ditambahkannya, pihaknya akan kembali berencana mengagendakan kegiatan yang sama.  “Karena ini program rutin, jadi kita akan agendakan kembali kegiatan serupa, tapi mungkin di tempat yang berbeda,” tambahnya.(zul)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=11236

Posted by on 10 Mei 2012. Filed under CIANJUR. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.
Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect. -->