Mengintip Kegiatan Accounting Club di Kota Sukabumi

Ajarkan Akuntansi, Sisipkan Mental Enterpreneur

BELAJAR AKUNTANSI:Sejumlah anggota Accounting Clab sedang mengerjakan materi yang diberikan Inggu Sudeni.

Realita anak bangsa banyak yang tidak mengenal ilmu accounting karena tidak ada perhatian lebih untuk membangun kembali Ilmu dasar untuk anak lebih pintar lagi. Hal ini yang menjadi perhatian Inggu Sudeni sehingga mendirikan Accounting Club. Ingin meningkatkan minat anak muda dalam bidang akuntansi.

Sieska Noor Astaria, Gunung Puyuh

Accounting Club, bertempat di kelurahan Sriwidari Gang Brawijaya III mulai didirikannya pada 2006 lalu di STKIP Kota Sukabumi, waktu itu Inggu Sudeni (29), menjabat Presiden mahasiswa di salah satu kampus. Dengan bekal Ilmu dasar Akuntansi waktu sekolah di SMKN 2 Jurusan Akuntansi Inggu mempunyai itikad kuat dalam dirinya kepada anak yang membutuhkan. “Saya ingin membagi ilmu untuk anak-anak yang belum mengenal dasar Akuntansi itu seperti apa,” ujar Inggu

Saat itu Inggu tergerak ketika melihat realita di kampus yang kebanyakan mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi dan ternyata banyak dari STM dan SMK. Sehingga mereka kesulitan karena dasarnya kurang apalagi yang dari SMA IPA, sama sekali tidak punya dasar karena waktu SMA tidak pernah belajar Akuntansi. “Saya melihat realita di kampus yang kebanyakan anak didik saya yang lulusan dari STM, SMK dan SMA yang dari sekolah asalnya tidak di ajarkan Ilmu Dasar Akuntansi,” aku Inggu.

Accounting Club menggunakan sistem pengajaran per kelompok satu kelompok 10 orang dan sekarang sudah ada tiga kelompok yang ikut bergabung. Dalam satu minggu bisa dua kali pertemuan. Accounting club terbuka untuk mahasiswa dari kampus manapun dengan pembelajaran antara lain, diskusi, bimbingan dan konsultasi dari Jejaring Sosial maupun bertemu langsung. “Saya membuka anggota baru dari kampus mana pun untuk ikut bergabung dengan Accounting Club. Selain itu bila mahasiswa ada yang belum mengerti bisa konsultasi maupun bimbingan dengan saya,” ujarnya.

Inggu juga biasa menyisipkan materi tentang Entrepreneur, sesuai dengan kegiatannya sebagai Wirausaha. Supaya Anak didiknya tidak jenuh, sebelum materi dimulai Inggu bercerita, kadang berkumpul sambil masak ke gunung, ke laut maupun mereka datang ke sekolah yang mengalami terkebelakangan dengan memotivasinya. “Saya berusaha membuat mereka nyaman dengan bercerita, dan kadang masak maupun datang ke salah satu sekolah,”lanjut Inggu.

Selain itu dari sistem tempat pengajarannya sementara masih menumpang di Komunitas Pemenang di daerah Brawijaya, namun Inggu mengungkapkan bahwa bulan depan akan dibuka tempat milik sendiri untuk Accounting Club. “Meskipun tempat masih menumpang tapi ini hanya untuk sementara, Insya Allah bulan depan saya akan membuka tempat khusus untuk Accounting Club,” katanya.(*)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=10816

Posted by on 5 Mei 2012. Filed under KOTA SUKABUMI. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Jump To Top
Copyright Β© 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.