KPU Kabsi Tetapkan 55 Orang Relawan Demokrasi

WAWANCARA: Sejumlah calon relawan demokrasi pada saat mengikuti proses wawancara yang dilakukan oleh Komisioner KPU Kabupaten Sukabumi, belum lama ini. Foto: ist

RADARSUKABUMI.com – SUKABUMI– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi menetapkan 55 orang Relawan Demokrasi (relasi), penetapan tersebut sesuai dengan surat pengumuman KPU No. 20/PL.01-PU/03/KPU/3202/1/2019 tentang nama-tama relasi terpilih.

Komisioner KPU Divisi Hukum dan Pengawasan Hamdan Safari mengatakan dari 84 yang mendaftar dan dilakukan wawancara oleh KPU, KPU hanya meloloskan 55 orang saja sesuai dengan aturan dari KPU pusat. Menurutnya, relawan demokrasi yang sudah ditetapkan akan dilantik menjadi mitra KPU dalam agenda sosialisasi Pemilu 2019 kedepan selama tiga bulan kedepan.

Bacaan Lainnya

“Ke 55 orang ini nantinya akan membantu KPU untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pemilu yang dibagi dalam 11 basis,”jelasnya.

Menurutnya, tantangan sosialisasi dan pendidikan pemilih pada Pemilu tahun ini akan semakin berat, pasalnya pemilih akan berhadapan dengan lima jenis suara di TPS. Dibutuhkan kecermatan pemilih untuk menyalurkan pilihannya dengan benar saat berada di Tempat Pemungutan suara (TPS).

Sebelumnya, program Relawan Demokrasi yang digagas KPU melibatkan kelompok masyarakat yang berasal dari 11 basis pemilih strategis yaitu basis keluarga, basis pemilih pemula, basis pemilih muda, basis pemilih perempuan, basis penyandang disabilitas, basis pemilih berkebutuhan khusus, basis kaum marginal, basis komunitas, basis keagamaan, basis warga internet dan basis relawan demokrasi. Pelopor-pelopor demokrasi akan dibentuk di setiap basis yang kemudian menjadi penyuluh pada setiap komunitasnya.

“Pada Akhirnya, relawan demokrasi ini dapat menggerakkan masyarakat tempat mereka berada, agar mau menggunakan hak pilihnya dengan bijaksana serta penuh tanggung jawab, sehingga partisipasi pemilih dan kualitas Pemilu 2019 dapat lebih baik dibandingkan pemilu-pemilu sebelumnya, “tukasnya.

 

(hnd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *