KABUPATEN SUKABUMISUKABUMI

Bupati Rencanakan Tanam Durian Massal

RADARSUKABUMI.com, PALABUANRATU – Memaksimalkan potensi sumber daya alam bidang pertanian, Bupati Sukabumi, Marwan Hamami berencana akan memanfaatkan lahan pertanian milik pemerintah dan masyarakat untuk menanam pohon durian secara massal.

Ia meyakini, dengan banyaknya penggemar durian seperti sekarang, kesejahteraan petani akan terus meningkat. “Kita targetkan durian ini menjadi parian unggulan tingkat nasional dengan kualitas yang unggul.

Bila semua sudah tercapai, kita akan memanfaatkan semua lahan baik milik pemerintah maupun masyarakat untuk menanam durian,” ujar Marwan Hamami saat membuka Festival Durian di Desa Cimanggu, Kecamatan Palabuhanratu, kemarin.

Menurut Marwan, durian asal Sukabumi secara kualitas tidak kalah dengan durian luar negeri. Ke luar daerah, kualitas durian Sukabumi sudah terkenal bagus. Sehingga demikian, perlu dilakukan upaya menjadikan durian sebagai salah satu buah unggulan yang mencirikan wilayah Kabupaten Sukabumi.

“Saat ini, baru beberapa kecamatan yang petaninya fokus pada durian. Kita harapkan, ketika buah ini sudah menjadi unggulan Kabupaten Sukabumi, semua kecamatan menanamnya,” imbuhnya.

Marwan meyakini, banyak warga Kabupaten Sukabumi saat ini menjadi penggemar buah durian. Sehingga bila musim durian tiba, tidak sedikit yang memburunya. Bahkan, tidak sedikit juga warga luar Kabupaten Sukabumi yang berburu durian ke Sukabumi.

“Ini artinya ada sebuah gambaran peningkatan kesejahteraan petani ke depan. Dan tentunya, harus kita manfaatkan dengan baik untuk kepentingan para petani meningkatkan kesejahteraan,” jelasnya.

Sementara itu, Kades Cimanggu, Acep Purkalih menambahkan, pihaknya menggelar festival durian semata-mata untuk menunjukan keunggulan durian yang ada di Kabupaten Sukabumi.

Tujuannya, yakni mendukung pemerintah Kabupaten Sukabumi dalam mewujudkan buah durian sebagai buah unggulan ditingkat nasional. “Kami sudah dua kali menggelar festival ini. Tujuannya sama seperti yang disampaikan Pak Bupati, yakni menjadikan durian menjadi parian unggulan tingkat nasional,” pungkasnya singkat. (ren)

loading...
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close