Komite I DPD RI,Nyatakan Baru Ada Tiga Wilayah Yang Layak Pemekaran

Ilustrasi

RADARSUKABUMI.com, CIANJUR – Saat ini Jawa Barat dihuni sekitar 50 juta penduduk yang tinggal di 27 kabupaten/kota. Jawa Barat dinilai memerlukan pemekaran wilayah beberapa kabupaten/kota.

Hal itu disampaikan Anggota Komite I DPD RI, Eni Sumarni, saat bertemu dengan Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, di Gedung Sate, Selasa (15/11).

Bacaan Lainnya

Ia membandingkan dengan Jawa Tengah yang memiliki 35 kabupaten/kota dan Jawa Timur yang memiliki 42 kabupaten/kota. Kedua provinsi tersebut jumlah penduduknya lebih sedikit dari Jawa Barat.

“Posisinya jauh sekali, dari sisi DAU dan DAK juga (provinsi lain) jauh lebih besar diterima. Ini berpengaruh pada indeks pembangunan manusia. Yang kita lebih rendah dibanding Jateng dan Jatim,” ujar Eni Sumarni.

Untuk mempersiapkan daerah otonomi baru (DOB), memerlukan anggaran dalam jumlah besar dan desain tata ruang. Ia meminta Pemprov Jawa Barat sudah menyiapkan anggaran untuk biaya pemekaran wilayah dari sekarang.

“DPD RI sangat mendukung, karena ini yang terasa sekali tentang kendali pelayanan publik, perlu ditingkatkan, terutama yang krusial tadi,” ujarnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *