PENDIDIKAN

Gandeng Pihak Ketiga

* Pemkot Genjot Serapan Lulusan SMA/SMK ke PT

SUKABUMI – Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Hamami mengakui, jika hingga saat ini penyerapan lulusan SMA/SMK di Kota Sukabumi untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi (PT) masih terbilang rendah. Hal tersebut dikatakannya usai mengunjungi Try Out di SMAN 1 Kota Sukabumi, baru-baru ini.

Untuk itu pihaknya mendorong warga terutama siswa SMA untuk melanjutkan pendidikan hingga ke jenjang PT, agar terwujud masyarakat yang beradab dan sejahtera.”Mungkin salah satu faktornya karena ekonomi,” ungkap Andri kepada Radar Sukabumi.

Dia mengklaim, sudah banyak yang dilakukan untuk mendorong tingginya angka serapan ke PT. Salah satunya bekerjasama dengan foundation yang siap memberikan beasiswa bagi siswa berprestasi.”Intinya kalau siswa itu pintar, dia pasti akan memanfaatkan beasiswa itu untuk melanjutkan ke PT baik negeri ataupun swasta.

Ini merupakan salah satu program Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi,” katanya.Saat ini lanjut Andri, Pemkot Sukabumi sedang fokus bagaimana menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas. Salah satunya dengan mengenyam pendidikan yang lebih tinggi.

Karena semakin tinggi pendidikan seseorang, maka makin mudah mewujudkan masyarakat beradab dan tingginya angka kesejahteraan.”Dengan satu SDM yang berkualitas bisa menciptakan SDM-SDM lain yang juga berkualitas, lebih bagus jika setelah mereka mendapat ilmunya terus mereka kembali lagi ke kampung halaman untuk mengembangkan ilmu yang mereka dapat selama duduk di bangku kuliah,” paparnya.

Ke depan, lulusan PT saat ini menghadapi tantangan tersendiri. Mereka harus menjadi pribadi yang tangguh, lantaran pembelajaran dimulai ketika selesai dari kampus.”Harapannya mereka bisa menjawab tantangan zaman, terutama kebutuhan dunia industri dan mampu berkiprah untuk masyarakat,” imbuh dia.

Di sisi lain, Pemkot Sukabumi juga berupaya untuk meningkatkan kualitas PT yang ada di wilayahnya. Di Kota Sukabumi terdapat sejumlah PT seperti Politeknik (Poltek) Sukabumi dan kampus lain.”Pendidikan tinggi di Sukabumi akan terus digenjot dan ditingkatkan kualitasnya. Sehingga, nantinya menghasilkan generasi Sukabumi yang terbaik,” tandasnya.

(wdy)

Tags

Tinggalkan Balasan