Featured

Rizka Raisa Fatimah Ramli, Siswi Makassar yang Juarai Lomba Komik Internasional UNICEF

Tunggu Mama Tidur Dulu untuk Selesaikan Menggambar

RADARSUKABUMI.com – Rizka menciptakan Cipta, pahlawan super yang dikisahkan memberi anak-anak buku sketsa. Dia menyisihkan ribuan peserta yang datang dari 130 negara.

RUDIANSYAH, Makassar

LOMBA internasional itu diikuti Rizka Raisa Ramli sembari berbagi waktu untuk sekolah. Karena itu, siswi SMAN 2 Makassar tersebut tak banyak berharap bakal menang. “Jadi, sebenarnya lebih rela kalah daripada menang,” kata siswi 17 tahun itu saat ditemui Fajar di kediamannya, BTN Minasupa K 9/15, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (9/1).

Ajang yang dimaksud adalah lomba komik dunia yang diselenggarakan Unicef dan Comics Uniting Nations. Yang bertujuan membantu menjaga anak-anak dan remaja dari kekerasan di dalam dan di sekolah. Lomba tersebut diikuti perwakilan 130 negara.

Mengutip rilis dari Unicef, lomba itu mengajak anak-anak dan remaja menciptakan superhero komik untuk mengalahkan The Silence (Sang Senyap, dalam Bahasa Indonesia). Yakni, karakter supranatural yang menggunakan kekuatan untuk menghentikan anak-anak yang ingin berbicara dan mengambil tindakan melawan kekerasan di dan sekitar sekolah. Hampir 3.600 karya dikirim oleh lebih dari 130 negara. Pemenang ditentukan dari 23.000 suara yang ikut memiliih di situs web.

Cipta, nama tokoh yang diciptakan Rizka, adalah pahlawan super yang dikisahkan memberi anak-anak buku sketsa. Buku itu untuk menggambar benda-benda yang kemudian menjadi nyata dan menghentikan kekerasan serta intimidasi. “Saya membuat Cipta untuk menarik perhatian pada kekerasan dan perundungan (bullying) yang dihadapi anak-anak di Indonesia dan di seluruh dunia setiap hari,” kata Rizka.

loading...
1 2 3Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close