Perpustakaan Nasional Luncurkan Situs Web Khastara

Perpustakaan Nasional RI

JAKARTA – Perpustakaan Nasional RI meluncurkan situs web Khasanah Pustaka Nusantara (Khastara) pada Kamis (3/1/2019). Situs web ini diharapkan untuk memudahkan masyarakat Indonesia demi kepentingannya dan serta meningkatkan Perpustakaan Nasional ke penjuru dunia melalui situs web Khastara.

Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi Ofy Sofiana menuturkan bahwa situs web Khastara ini merupakan hasil kerja sama antara Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi sebagai penyedia sistem dan web serta Pusat Preservasi sebagai penyedia isi atau konten.

Melalui peluncuran situs web Khastara ini, dapat pula memudahkan pemustaka dalam mengakses koleksi pustaka nusantara yang sudah menjadi digital dalan bentuk format dan semenarik mungkin, dan penyajian koleksi yang interaktif seperti flipping book akan diupayakan melalui teknologi.

Di situs web ini, istilah-istilah yang tidak umum digunakan pada masyarakat awam seperti istilah koleksi monograf, serial, dan kartografi diterjemahkan menjadi naskah kuno, buku langka, peta, foto, gambar, lukisan, serta majalah dan surat kabar langka.

“Dengan perancangan tagline Perpusnas dipandang penuh untuk kita langsung hari ini, karena hasil koleksi-koleksi yang diharapkan untuk menarik perhatian untuk berbagai tujuan,” tambahnya.

Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando menambahkan bahwa peluncuran situs web Khastara ini akhirnya dapat diluncurkan setelah ditunda sejak 2018 lalu. “Hari ini bahwa kita bisa memulai, ini merupakan mimpi kita bersama, bahwa peran pustakawan kita utamakan,” ungkap Syarif.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *