Bencana Alam KabSUKABUMI

Potensi Bencana Sukabumi Komplit

Walhi: Jangan Sampai Pembangunan Mega Proyek Langgar Kaidah Lingkungan

SUKABUMI— Tantangan Kabupaten Sukabumi kedepan akan potensi bencana cukup berat. Berdasarkan pemetaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi bahwa potensi bencana di wilayah terluas Se-Jawa Bali ini cukup komplit, mulai dari bencana Longsor, Banjir, Pergerakan tanah, Gempa, Kekeringan, letusan gunung berapi hingga Tsunami berpotensi bisa terjadi di wilayah Sukabumi.

Jika tidak segera melakukan mitigasi bencana atau menyiapkan masyarakat untuk menghadapi bencana alam atau buatan-manusia bisa berakibat fatal.

Cepatnya pertumbuhan masyarakat dan proyek-proyek nasional dengan skala besar menjadikan Kabupaten Sukabumi berada dijalur merah. Saat ini berdasarkan data yang sudah dikumpulkan oleh para ahli dan ilmuan, ada ribuan bahkan jutaan warga yang hidup di zona-zona merah yang akan terdampak bencana.

Untuk itu sudah seharusnya pemerintah dengan segera melakukan gerakan mencari solusi dengan menggandeng BPBD untuk secepatnya melakukan pemetaan wilayah yang sudah masuk pada zona merah.

Kondisi ini menjadi perhatian Forum Komunikasi Kader Konservasi Indonesia (FK3I) Jawa Barat Dedi Kurniawan yang menyebutkan bahwa Potensi bencana di Kabupaten Sukabumi saat ini terbilang rawan.

“Saya lihat, memang betul Kabupaten Sukabumi wilayahnya banyak masuk wilayah Zona merah Bencana. Untuk itu, sudah seharusnya pemerintah melakukan mitigasi bencana secara menyeluruh, “jelas Dedi yang juga menjabat sebagai perkampanye Walhi Jabar saat dihubungi koran ini, kemarin.

loading...
1 2 3Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close