EKONOMI

Ibaratkan Ekonomi Indonesia Punya Dua Tangan dan Kaki

JAKARTA – Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto memiliki cara tersendiri dalam memahami perekonomian Indonesia. Baginya, sektor penggerak ekonomi dalam negeri bak dua tangan dan dua kaki manusia.

“Analogi sederhana kalau bicara ekonomi itu seperti tubuh manusia. Punya dua tangan dua kaki,” ujarnya di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Selasa (8/1).

Menurut Airlangga, ekonomi fiskal dan moneter seperti kedua tangan. Kebijakan di dua sektor tersebut memiliki peran besar dalam menjaga keseimbangan.

Sementara itu, kedua kaki diibaratkan seperti sebuah harga komoditas dan industri manufaktur. Peran keduanya, kata Airlangga, cukup vital dalam menggerakkan perekonomian.

“Jadi kalau industri manufaktur bisa maju, maka perekonomiannya maju. Harga komoditi tinggi, ekonomi maju. Itu analogi sederhana daripada memahami perekonomian kita,” katanya.

Bahkan, Airlangga memperkirakan industri manufaktur akan tumbuh 5,4 persen pada 2019. Sejumlah subsektor yang diproyeksi tumbuh tinggi antara lain, industri makanan dan minuman, permesinan, tekstil dan pakaian jadi.

Subsektor lain yang akan berkembang pada tahun Babi Tanah ialah industri kulit, barang dari kulit, dan alas kaki, serta industri barang logam, komputer dan barang elektronika.

Terkait kondisi perekonomian makro, stabilisasi pada sektor tersebut tidak akan memberi banyak pengaruh. “Kalau ekonomi makro stabil dia stabil tapi jalan ditempat,” pungkas Airlangga.

 

(adi)

loading...
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close