Dipuji IMF, Dinyinyirin Rizal Ramli

Fedrik Tarigan/JawaPos.com BANGGA: Bos IMF (kiri) ucapkan selamat kepada Sri Mulyani yang dinobatkan jadi Menteri Keuangan Terbaik 2019.

RADARSUKABUMI.com – JAKARTA – Sri Mulyani kembali dinobatkan sebagai Menteri Keuangan Terbaik di dunia. Sebelumnya, Sri Mulyani mendapatkan dua penghargaan dari dunia internasional. Pada 11 Februari 2018, Sri Mulyani dinobatkan sebagai Menteri Terbaik Di Dunia versi World Government Summit di Dubai. Dia juga dinobatkan sebagai Menteri Keuangan Terbaik Tahun 2018 versi majalah Global Markets pada Oktober 2018.

Gelar Finance Minister of the Year 2019 Global and Asia Pacific dikeluarkan Majalah Keuangan The Banker yang dimiliki oleh Financial Times. The Banker dikenal sebagai majalah yang juga merupakan sumber utama data dan analisis industri keuangan dan perbankan di dunia.

Bacaan Lainnya

Penghargaan itu diberikan atas kiprah Sri Mulyani mempertahankan reputasi keuangan Indonesia di tengah kondisi yang lebih menantang, saat kembali menjabat Menkeu kedua kalinya. Kebijakannya juga dianggap kredibel dan efektif. Kebijakan anggaran Sri mul mampu membuat perekonomian RI tahan banting di tengah berbagai bencana dan tragedi sepanjang tahun 2018. Bencana dan tragedi itu menyebabkan kerugian infrastruktur sekitar Rp 5 triliun.

Namun, meski bergulat dengan tragedi kemanusiaan, negara ini masih mencatatkan pertumbuhan mengesankan. Defisit produk domestik bruto untuk 2018 diperkirakan sekitar 1,86 persen, lebih rendah dibandingkan 2,19 persen yang diperkirakan dalam APBN 2018.

“Sri Mul melakukan modernisasi respons negara tersebut terhadap bencana alam melalui pembiayaan risiko bencana dan strategi asuransi baru,” tulis The Banker. Strategi tersebut akan mengasuransikan seluruh bangunan publik mulai 2019, melindungi dan membantu percepatan pemulihan pascabencana.

Sri Mulyani juga membuat serangkaian perubahan pada sistem perpajakan untuk meningkatkan pendapatan negara. Contohnya, penyederhanaan proses pembayaran pajak dan penambahan lokasi tempat pembayaran pajak. Kebijakan lain, tarif pajak penghasilan untuk perusahaan kecil dan menengah dipotong.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *