BPBD Lakukan Mitigasi Banjir dan Longsor

RAKOR: Sejumlah petugas BPBD Kota Sukabumi saat menggelar rapat koordinasi untuk meminimalisir terjadinya bencana pada musim penghujan. FOTO: MUHAMAD ARFAN for RADARSUKABUMI

RADARSUKABUMI.com – SUKABUMI– Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengungkapkan potensi bencana di wilayah Kota Sukabumi meningkat seiring memasuki puncak musim hujan. Sebelumnya, Badan Meterorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan puncak musim penghujan pada bulan Januari– Februari.

Menanggapi kemungkinan itu, BPBD Kota Sukabumi telah menyiapkan rencana strategis untuk meminimalisir dampak bencana alam tersebut. “Kita (BPBD) telah mengupayakan rencana di puncak musim penghujan ini.

Bacaan Lainnya

Sejak penetapan SK siaga bencana pada November kemarin, BPBD tidak pernah mengendorkan kinerjanya, terutama memasuki puncak musim hujan,” Ungkap Ketua BPBD Kota Sukabumi, Asep Hendrawan di kantor BPBD Kota Sukabumi, kemarin (3/1).

Pada musim hujan ini, pihaknya juga sedang fokus melakukan mitigasi bencana banjir dan longsor dibeberapa wilayah. Potensi longsor dan banjir ini dikhawatirkan semakin besar, terlebih intensitas hujan yang tinggi dalam beberapa pekan terakhir ini.

“Kami sudah merampungkan pemetaan potensi bencana di wilayah Kota Sukabumi. Biasanya penyebab banjir yang kerap terjadi di wilayah Kota Sukabumi lantaran genangan hujan deras yang tidak mengalir akibat buruknya sistem drainase,” terang Asep.

Ia mengungkapkan, untuk potensi banjir, biasanya terjadi di wilayah Selatan Kota Sukabumi seperti Kecamatan Baros. Untuk itu dihimbau agar warga selalu waspada menghadapi banjir yang sering terjadi pada musim penghujan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *