BPBD: 33 Kecamatan Rawan Longsor

RADARSUKABUMI.com – SUKABUMI– Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, menyebutkan dari 47 Kecamatan yang ada di Kabupaten Sukabumi sedikitnya ada 33 Kecamatan yang memiliki status rawan longsor.

Hasil pemetaan BPBD Kabupaten Sukabumi, dari 47 kecamatan, 33 kecamatan diantaranya rawan longsor adalah Kecamatan Bantargadung, Bojonggenteng, Caringin, Ciambar, Cibadak, Cibitung, Cicantayan, Cicurug, Cidadap, Cidahu, Cidolog, Ciemas, Cikakak, Cikembar, Cikidang, Cimanggu, Ciracap, Cireunghas, Cisaat, Cisolok, Curugkembar, Gegerbitung, Gunungguruh, Jampangkulon, Jampangtengah, Kabandungan, Kebonpedes, Lengkong, Nagrak, Nyalindung, Pabuaran, Parakansalak, Parungkuda, Pelabuhanratu, Purabaya, Sagaranten, Simpenan, Sukabumi, Sukalarang, Sukaraja, Surade, Tegalbuleud, Waluran dan Warungkiara.

Bacaan Lainnya

Koordinator Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi, Daeng Sutisna mengatakan, dari puluhan kecamatan yang rawan longsor ini terbagi dua potensi yakni, longsor menengah dan longsor tinggi. “Daerah rawan longsor menengah itu daerah yang berbatasan dengan lembah sungai, tebing jalan atau jika lereng mengalami gangguan,” kata Daeng kepada Radar Sukabumi, kemarin (2/1).

Sedangkan lanjut Daeng, daerah rawan longsor tinggi yaitu daerah yang memiliki potensi tinggi terjadi bencana dan akan terjadi bencana jika curah hujan diatas normal serta tanah longsor dapat aktif kembali. “Status longsor tinggi itu memiliki kemungkinan bisa terjadi longsor susulan,” sahutnya.

Dirinya menjelaskan, beberapa tanda-tanda akan terjadinya longsor. Seperti, hujan terus memerus dengan intenaitas sedang dan tinggi, terdapat retakan, terdengar suara gerakan dan kenampakan pohon yang tegak menjadi miring.

Setelah terlihat tanda-tanda demikian yang harus dilakukan segera mengevakuasi penduduk yang berada di daerah rawan longsor dan segera menghubungi pihak yang berwenang untuk menangani tanah longsor. “Kami menghimbau, masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaanya dalam menghadapi musim hujan ini. Apalagi yang memiliki rumah di atas tebing maunpun di bawah tebing perlu waspada,” pungkasnya.

33 Kecamatan Yang Berpotensi Rawan Longsor

No. Nama Kecamatan
1. Kecamatan Bantargadung
2. Kecamatan Bojonggenteng
3. Kecamatan Caringin
4. Kecamatan Ciambar
5. Kecamatan Cibadak
6. Kecamatan Cibitung
7. Kecamatan Cicantayan
8. Kecamatan Cicurug
9. Kecamatan Cidadap
10. Kecamatan Cidahu
11. Kecamatan Cidolog
12. Kecamatan Ciemas
13. Kecamatan Cikakak
14. Kecamatan Cikembar
15. Kecamatan Cikidang
16. Kecamatan Cimanggu
17. Kecamatan Ciracap
18. Kecamatan Cireunghas
19. Kecamatan Cisaat
20. Kecamatan Cisolok
21. Kecamatan Curugkembar
22. Kecamatan Gegerbitung
23. Kecamatan Gunungguruh
22. Kecamatan Jampangkulon
23. Kecamatan Jampangtengah
24. Kecamatan Kabandungan
25. Kecamatan Kebonpedes
26. Kecamatan Lengkong
27. Kecamatan Nagrak
28. Kecamatan Nyalindung
29. Kecamatan Pabuaran
30. Kecamatan Parakansalak,
31. Kecamatan Pelabuhanratu,
32. Kecamatan Simpenan,
33. Kecamatan Waluran .

 

(bam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *