Jempol Serentak se-Indonesia

Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi, Iskandar membagikan dokumen kependudukan kepada warga dalam Program Jempol di Kelurahan Cisarua.

RADARSUKABUMI.com, CIKOLE – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sukabumi menggelar program Jemput Bola Pelayanan (Jempol) akhir tahun di Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cikole. Kegiatan Jempol ini merupakan kegiatan serentak di Indonesia berdasarkan instruksi Menteri Dalam Negeri.

“Kita lakukan serentak ini tidak hanya disini tapi diseluruh kecamatan di Kota Sukabumi,” ujar Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi, Iskandar Ihfan, belum lama ini.

Bacaan Lainnya

Untuk fokus kegiatan Jempol di akhir tahun ini dilakukan di Kelurahan Cisarua. Hal itu lantaran potensinya cukup besar untuk melakukan perekaman KTP elektronik. Kegiatan ini juga langsung dihadiri oleh Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi sekaligus memberikan secara simbolis dokumen kependidikan seperti KTP dan KK.

“Alhamdulillah sampai pukul 14.00 ini kami sudah memberikan pelayanan sebanyak 530 warga Kelurahan Cisarua dan sekitarnya,” ujarnya.

Adapun untuk jenis pelayanan dalam program Jemput bola ini terdiri atas perekaman data KTP-elektronik, penerbitan KK, penertiban akta kelahiran dan sosialisasi Kartu Identitas Anak (KIA) kepada masyarakat yang hadir di lokasi penyelenggaraan Program Jempol.

“Pelayanan yang kami berikan hari ini bukan hanya untuk warga Kelurahan Cisarua, melainkan untuk seluruh warga Kota Sukabumi yang sengaja datang ke lokasi Program Jempol. Kami juga membuka program yang sama di seluruh kecamatan termasuk juga pelayanan di dinas tetap berjalan,” terangnya.

Ditambahkan Iskandar, untuk KIA sendiri kata Iskandar penerbitannya mulai di fokuskan pada 2019 , mendatang. Sedangkan untuk pengumpulan data calon pemegang KIA nanti para petugas akan mendatangai sekolah-sekolah mulai PAUD sampai SMP. “Proses pengumpulan data dilakukan secara bertahap,” akunya.

Sampai saat ini kata Iskandar baru ada 19 sekolah yang memberikan data siswanya kepada Disdukcapil. Selanjutnya berdasarkan data tersebut dilakukan perekaman untuk dicetak KIA-nya.

” Setelah dicetak, KIA akan dibagikan oleh sekolah. Semua sekolah akan kami datangi,” pungkasnya. (bal/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *