3.000 Benih Sidat Ditebar

SIMBOLIS: Iwan Gunawan, Camat Simpenan saat menerima 3.000 ribu benih ikan sidat dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sukabumi.

RADARSUKABUMI.com, SIMPENAN – Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sukabumi menebar 3.000 benih ikan sidat di aliran Sungai Leuwi Haur Cimandiri, Kecamatan Simpenan. Kegiatan ini hasil kerjasama antara pemerintah daerah dengan PT. South East Java (SEJ) dan Kecamatan Simpenan.

Camat Simpenan, Iwan Gunawan mengapresiasi kepada Dinas Kelautan dan Perikanan dan PT. SEJ, yang telah menginisiasi kegiatan peningkatan keberlanjutan ikan sidat di Sungai Leuwi Haur Cimandiri melalui penebaran populasi alami.

Bacaan Lainnya

Ini sebagai bagian dari upaya konservasi alam dan ekosistem sungai yang ada di Kecamatan Simpenan. “Dengan adanya bantuan ini, kami tentunya mengapresiasi. Karena kita ketahui bersama, populasi jenis ikan sidat ini sudah sulit ditemui. Dengan penebaran ini, kami yakini bisa meningkatkan populasi ikan di sepanjang Sungai Cimandiri ke depannya,”ujar Iwan Gunawan kepada Radar Sukabumi, Jum’at (28/12).

Dengan aksi penebaran benih ikan sidat ini, Iwan juga meyakini bisa melestarikan kehidupan aliran sungai. “Kondisi kelangsungan populasi ikan sidat di Sungai Cimandiri, harus kita dikung bersama-sama. Saat ini, banyak masyatakat yang berprilaku tidak baik.

Seperti membuang sampah sembarangan di sungai, sehingga menyebabkan berbagai macam bencana serta menggangu populasi perkembangbiakan ikan,” katanya.

Iwan menjelaskan, sumber daya ikan di perairan umum juga menjadi isu yang penting, mengingat jumlah ikan di perairan umum yang semakin lama cenderung semakin menurun akibat pencemaran, penangkapan ikan secara berlebihan dan penangkapan ikan yang menggunakan alat stroom atau potas.

“Terkait kondisi sungai yang ada di Kecamatan Simpenan, dari tahun-ketahun kondisinya perlu perhatian semua pihak,” jelasnya.

Iwan menambahkan, dalam upaya melindungi dan mengelola lingkungan hidup, harus melibatkan masyarakat dan swasta serta pemerintah menjadi aspek yang penting.

Pemerintah perlu mengeluarkan program yang prolingkungan, sementara pihak swasta perlu juga menyadari akan pentingnya pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan.

“Saya berharap dan mengajak kepada masyarakat, kepala desa di Simpenan untuk melakukan aksi ramah lingkungan pada waktu ke depan,” tandasnya.

Dihubungi terpisah, Kasubag Program dan Evaluasi Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sukabumi, Sri Patmoko menambahkan, program ribuan benih ikan sidat ini diberikan kepada masyarakat Kampung Cihurang, Leuwi Haur Cimandiri, dengan penerima benih Poktan Sidat Mandiri di Desa cidadap, Kecamatan Simpenan.

“Ini salah satu peran kami dalam perbaikan dan pemeliharaan lingkungan hidup. Untuk itu, melalui kegiatan yang ditujukan sebagai relawan kepedualin kami, untuk melihat dinamika populasi ikan sidat di sungai Lewi Haur Cimandiri, sekaligus juga untuk menjaga kelestarian ekosistem lingkungan sungai di wilayah Kabupaten Sukabumi,” singkatnya. (cr1/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *