NASIONAL

Jakarta-Surabaya Tersambung, Ini Pesan Jokowi

RADARSUKABUMI.com – JAKARTA – Target menyambungkan Jakarta dan Surabaya dengan akses jalan tol pada akhir 2018 akhirnya terpenuhi. Itu menyusul diresmikannya lima ruas tol tambahan yang menghubungkan dua kota terbesar di Indonesia tersebut, Kamis (20/12).

Lima ruas tersebut adalah Wilangan-Kertosono sepanjang 37,9 km dan Jombang-Mojokerto seksi Bandar-Kertosono sepanjang 0,9 km di wilayah Jawa Timur. Kemudian, tol Pemalang-Batang (34 km), tol Batang-Semarang (75 km), dan tol Salatiga-Kartasura (33 km) di wilayah Jawa Tengah.

Selain lima ruas yang menyambungkan Jakarta-Surabaya, kemarin juga diresmikan dua ruas tambahan di Jawa Timur. Yakni, relokasi jalan tol Porong-Gempol sepanjang 6,3 km dan tol ruas Gempol-Pasuruan seksi Pasuruan-Grati 13,65 km.

Peresmian dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo. Untuk merayakan digunakannya tol trans-Jawa, presiden bersama sejumlah pejabat terkait mencicipi dengan melakukan konvoi menggunakan bus dari Surabaya menuju Jembatan Kali Kuto di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, sejauh 370 km.

Dalam sambutannya, presiden berharap tersambungnya Jakarta-Surabaya sepanjang 760 kilometer bisa memberikan manfaat bagi masyarakat dalam membangun konektivitas. “Kita ingin infrastruktur ini memiliki manfaat, lebih memudahkan, lebih murah, lebih cepat,” ujarnya di Km 671 Bandar, Jombang, Jawa Timur.

Selain mempermudah konektivitas, tol trans-Jawa bisa menjadi jalur alternatif bagi masyarakat. Menurut dia, tol bisa mengurangi beban yang dialami jalan nasional di sepanjang Pulau Jawa. Meski demikian, Jokowi mempersilakan masyarakat untuk memilih. “Silakan mau pakai jalan tol, silakan mau pakai jalan yang lama antarprovinsi,” tuturnya.

loading...
1 2 3Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close