InfrastrukturSUKABUMI

Semoga Cepat Diperbaiki

RADARSUKABUMI.com – Sudah puluhan tahun warga Desa Bangbayang dan Desa Nanggela, Kecamatan Tegalbuleud, menikmati jalan berlumpur. Padahal, jalan tersebut merupakan denyut nadi kehidupan warga di Kedusunan Bangbayang dan Kedusunan Cimahpar ini.

Bagaimana tidak, masyarakat setiap harinya harus susah payah melewati jalan sepanjang 4000 meter tersebu hanya demi mendapat pelayanan baik pendidikan, ekonomi, kesehatan maupun keperluan lainya. Soalnya, itu merupakan satu-satunya akses yang bisa dilalui warga yang tergolong kondisi jalannya dirasa lebih baik.

Melihat kondisi tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, Iyos Somantri pun akhirnya angkat bicara. Bahkan, ia pun berjanji akan segera mengecek supaya perbaikan jalan itu masuk pada prioritas pembangunan. “Saya akan cek ke Dinas PU soal jalan ini. Apakah masuk pada program prioritas atau tidak pada tahun 2019 mendatang,” janji Iyos kepada Radar Sukabumi, kemarin (18/12).

Informasi pertama yang ia terima, jalan itu tidak sepenuhnya status kewenangan berada ditangan Pemkab Sukabumi. Dari datanya, hanya 6 dari 22 kilometer jalan yang kewenanganya oleh Pemkab Sukabumi. “Jadi itu sisanya, kewenangan ada pada pemerintah desa masing-masing. Tentu perbaikannya bisa dengan menggunakan Dana Desa (DD),” imbuhnya.

Iyos mengaku prihatin atas kondisi jalan yang masih rusak itu. Ia mengkhawatirkan, dampak dari kerusakan itu pada pertumbuhan ekonomi dan juga layanan kesehatan masyarakat setempat. Terlebih lagi, pada ibu-ibu yang akan melahirkan. Kendati demikian, ia mengaku di wilayah tersebut sudah disiagakan Puskesmas terpadu dan juga rumah singgah untuk ibu hamil. “Sekarang kita fokus pada perbaikan jalannya. Insyaallah tahun depan kita prioritaskan,” tegasnya.

1 2Laman berikutnya
Tags
loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close