Tingkatkan Mutu Kuliatas Berbahasa Asing

SUKABUMI – Guna meningkatkan mutu pendidikan, UniversitasMuhammadiyah Sukabumi (UMMI) melalui UPT Kantor Urusan Internasional (KUI) dan Language Centre menyelenggarakan diskusi ilmiah di Aula UMMI, Jalan R Syamsuddin SH, Kota Sukabumi.

Diskusi selama dua hari yakni Rabu (12/12) dan Kamis (13/12) itu sekaligus untuk penjajakan kampus yang bekerjasama dengan The British Institute (TBI).

Kepada Radar Sukabumi, Rektor UMMI Sakti Alamsyah mengatakan, pada pelaksanaannya dalam diskusi ilmiah yang diselenggarakan itu menghadirkan narasumber dari Universiti Teknologi Malaysia.

Diantaranya Prof Sukri dan Mohd Ali.Sementara kerjasama UMMI dengan TBI sendiri dilakanakan pada, Kamis (13/12).

“Dengan adanya kerjasama dengan TBI ini, kegiatan yang akan dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Inggris bagi mahasiswa, dosen dan tidak menuntut kemungkinan dengan pihak di luar UMMI,” paparnya.

Menurutnya, banyak sekali program yang akan dilaksanakan antara UPT KUI dan LC UMMI the TBI yang direalisasikan pada 2019 mendatang.

Pada kegiatan ini, peserta seminar diikuti oleh seluruh mahasiswa dan dosen UMMI.

Sementara itu, Prof Sukri menyampaikan materi pada diskusi ilmiah tentang publikasi jurnal internasional bereputasi terindeks Scopus.

Selain itu, disampaikan tips dan trik untuk bisa menembus publikasi internasional.

Materi lain yang disampaikan adalah bagaimana para mahasiswa dan dosen bisa lebih giat lagi dalam menulis, guna pengembangan keilmuan dan wawasan.

“Menulis sebuah artikel untuk pubilkasi internasional bukan berarti dengan kalimat yang panjang dengan penuh basa-basi, akan tetapi kalimat harus lugas, jelas dan rasional dengan berlandaskan pada teori dan metode yang benar,” beber Prof Sukri.

Selian itu, pemater lainnya yakni Mr. Ali menambahkan, mahasiswa dan dosen dituntut lagi untuk lebih kreatif dan inovatif.

“Karena, kegiatan yang dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa dalam skala intrenasional, dapat meningkatkan ranking perguruan tinggi dan memiliki reputasi yang baik,” ulasnya.

Adapun kegiatan bagi mahasiswa yang sudah dilaksanakan dengan UTM ini sejak tahun 2017 sampai sekarang adalah Student Exchange dan mendatangkan dosen tamu dari UTM pun telah dilakukan oleh UMMI sejak 2017.

(wdy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *