Berpontensi Pengembangan Pertanian, Jasa Perdagangan , UKM dan Perumahan

RADARSUKABUMI.com – Secara garis besar Kelurahan Suka Karya berpotensi pada sektor pertanian, jasa perdagangan, UKM dan perumahan. Hal ini terbukti dengan terbentang luasnya area persawahan kurang lebih mencapai 100 ha.

Laporan Hiti Robiah

Bacaan Lainnya

Kelurahan Suka Karya ini memiliki luas wilayah 303,59 Ha. Dengan pembagian wilayah Pemerintah Kelurahan Suka Karya sebanyak 13 RW dan 46 RT. Jumlah penduduk sampai data terakhir sebanyak 17.081 jiwa dengan 4.867 kepala keluarga.

Kepala seksi pembangunan Eti Rohmulyati menerangkan bahwa Kelurahan Suka Karya ini merupakan kelurahan yang memiliki potensi pengembangan pertanian, jasa perdagangan, UKM dan perumahan. Jenis pekerjaan penduduk di Kelurahan Suka Karya sama seperti jenis pekerjaan masyarakat di kelurahan lain di Kota Sukabumi.

Wilayah pesawahan hampir seluas 100 ha terhampar luas di Kelurahan Sukakarya, sehingga terdapat banyak warganya yang memilih profesi sebagai petani. Adapun profesi lain yang dipilih masyarakat Kelurahan Suka Karya, seperti pegawai negeri sipil, pedagang besar dan kecil, pelajar/mahasiswa, buruh/buruh kasar, TNI, Polri, peternak dan lain-lainnya.

Melihat batas wilayah pada Kelurahan Suka Karya, sebelah utara nya berbatasan dengan Kelurahan Karangtengah, sebelah selatan nya berbatasan dengan Desa Sukamantri Kelurahan Cisaat, sebelah baratnya berbatasan dengan Kelurahan Benteng, sedangkan di bagian timur berbatasan dengan Kelurahan Dayeuh Luhur.

Wilayah Kelurahan Suka Karya memiliki potensi pada pengembangan sektor pertanian, jasa perdagangan, UKM dan perumahan. Terdapat pabrik baja ringan yang berada tidak jauh dari kantor kelurahan.

Dan separuh karyawannya berasal dari warga sekitar. Dampak pembangunan pabrik baja ringan ini positif. Sehingga mampu mengurangi tingkat pengangguran di wilayah Kelurahan Suka Karya.

Sektor jasa perdagangan pun menjadi salah satu sektor unggulan di Kelurahan Suka Karya. Sehingga, banyak investor yang berminat untuk membangun usahanya dan membuka lahan pekerjaan bagi masyarakat Kelurahan Suka Karya.

Pembangunan perumahan di wilayah Kelurahan Suka Karya juga akan terus berkembang. Saat ini sudah terdapat tiga perumahan yang berdiri di tanah Kelurahan Suka Karya. Sektor perumahan berada di area RW 09 dan RW 04. Letak yang strategis bagi para pencari perumahan.

Sektor UKM atau sentra industri rumahan pun kerap menjadi unggulan dengan memproduksi beberapa makanan ringan khas Jawa Barat yang diproduksi oleh warga Kelurahan Sukakarya yang juga sudah dikenal masyarakat Kota dan Kabupaten Sukabumi.

“Di RW 12 dan RW 04 itu sudah terkenal dengan UKM simpingnya, kerupuk kulit dan keripik tempe, terus di RW 03 juga ada yang produksi corn es krim. Kami hanya bisa bantu sosialisasi kepada para penggiat UKM itu untuk ikut serta dalam pameran atau tampil di acara-acara yang diadakan oleh pemerintah kota, ” pungkas Eti.

Ia pun menambahkan harapan nya bahwa agar ekonomi masyarakat lebih baik jika terdapat banyak pelaku UKM yang berkembang di Kelurahan Suka Karya.

(cr5/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *