Perhatikan Tips Ini Saat Berbelanja Online

JAKARTA – Kemarin, Rabu (12/12) merupakan puncak Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). Berbagai diskon yang wah tersaji dan bikin orang yang melihatnya tergiur untuk bertransaksi online.

Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi berbagi tips untuk konsumen yang akan memanfaatkan Harbolnas untuk belanja online.

Pertama, pastikan bahwa diskon yang diberikan adalah diskon yang sesungguhnya, bukan diskon abal-abal dengan cara menaikkan harga lebih dulu.

Kedua, pastikan bahwa konsumen berinteraksi dengan pelaku belanja online yang kredibel, dengan identitas jelas. Cek reputasinya via mesin pencari bahwa reputasi pedagang online tidak banyak dikomplain konsumen.

Langkah ketiga adalah pastikan bahwa pelaku pedagang online mempunyai mekanisme penanganan pengaduan yang jelas. Sebab salah satu keluhan utama konsumen adalah susahnya konsumen mengakses pengaduan jika produknya mengalami masalah.

Keempat, kepada pelaku pedagang online harus mengedepankan itikad baik dalam bisnis. Jangan jadikan konsumen sebagai objek untuk pemasaran yang unfair.

Terakhir, mendesak pemerintah untuk segera mengesahkan RPP tentang Belanja Online yang kini masih mangkrak.

Ironisnya, di tengah maraknya digital ekonomi, salah satunya belanja online, tidak didukung dengan regulasi perlindungan konsumen yang rendah. Padahal pengaduan belanja online masih sangat dominan. Bahkan di YLKI belanja online menjadi ranking tertinggi.

(ce1/mys/JPC)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *