Berpotensi Pengembangan Kuliner, UKM Ranginang Rangining, Kesenian Reog

RADARSUKABUMI.com – Secara garis besar Kelurahan Situ Mekar berpotensi pada sektor kuliner, home industri, dan kesenian Reog. Hal ini dibuktikan dengan adanya indutri rumahan pembuatan rangginang sebagai makanan ringan khas Jawa Barat dan jamur tiram, yang didalam nya memperkerjakan warga sekitar sehingga membantu perekonomian masyarakat Kelurahan Situmekar.

Laporan Hiti Robiah

Bacaan Lainnya

Kelurahan Situ Mekar yang dipimpin Dodi Setiabudi ini merupakan kelurahan yang memiliki potensi pengembangan sektor kuliner, home industri, dan kesenian Reog.

Sama seperti penduduk di kelurahan lain di Kota Sukabumi jenis pekerjaan yang dipilih oleh masyarakat Kelurahan Situmekar pun tidak jauh berbeda.

Sesuai data yang didapat ada beberapa jenis pekerjaan di antaranya Pegawai Negeri Sipil sebanyak 63 jiwa , pegawai swasta sebanyak 392 jiwa, buruh sebanyak 355 jiwa dan buruh kasar sebanyak 70 jiwa, wiraswasta/pedagang sebanyak 1.010 jiwa, pelajar/mahasiswa sebanyak 910 jiwa, pensiunan sebanyak 24 jiwa, petani sebanyak 120 jiwa dan IRT/pengangguran/lain lain sebanyak 3.019 jiwa.

Melihat batas wilayah pada Kelurahan Situmekar, sebelah utara nya berbatasan dengan Sungai Cipelang, sebelah selatannya berbatasan dengan Sungai Cimandiri, sebelah baratnya berbatasan dengan Kelurahan Lembursitu, sedangkan di bagian timur berbatasan dengan Kelurahan Cipanengah.

Wilayah Kelurahan Situ Mekar memiliki potensi pada pengembangan sektor kuliner, home industri, dan kesenian reog. Kesenian sunda yang terbilang sangat digemari oleh masyarakat Kelurahan Situmekar maupun masyarakat lain baik di seluruh Kota Sukabumi atau Kabupaten Sukabumi yaitu kesenian reog.

Terdapat Grup Reog di RW empat Kampung Cipanengah Hilir. Group Reog yang ini digagas Endang Sumardi danWida atau biasa dipanggil Ceu Edoh salah satu pemain Reog yang sangat luar biasa serta Grup Reog ini terdiri dari sekumpulan wanita yang lucu yang sudah terkenal mampu menghibur masyarakat baik di Kota Sukabumi maupun di luar kota.

Hal lain yang dimiliki Kelurahan Situ Mekar. Perkembangan industri rumahan atau home industri pembuatan rangginang dan ranggining di RW lima , dan industri rumahan jamur tiram di RW empat. Dengan adanya beberapa home indutri di Kelurahan Situmekar dapat membantu mengurangi tingkat pengangguran dan membantu dalam perekonomian masyarakat.

Di wilayah Kelurahan Situ Mekar pula terdapat kuliner unik yang sudah banyak orang tahu dan dicintai para penikmat makanan pedas. Yap, ada Kedai Mie Cobek Lembursitu yang unik karena disajikan di atas cobek dan dicampur dengan bumbu pedas yang cetar. Letak nya berada di Jalan Jeruk Nyelap, setiap harinya pasti banyak pelanggan yang memburu pedasnya yang khas.

Kelurahan Situ Mekar pun memiliki hutan kota yang berada tidak jauh dari kantor kelurahan tepatnya di RW delapan dan pengelolaannya di bawah dinas lingkungan hidup.

(cr5/d

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *