Kecamatan Cibeureum

Berpotensi Pengembangan Home Industri Kerupuk Kulit, Perumahan, Pertanian


Kelurahan Sindangpalay, Kecamatan Cibeureum

RADARSUKABUMI.com – Secara garis besar Kelurahan Sindangpalay berpotensi pada sektor home indutri, perumahan, petanian dan air kemasan. Hal ini terbukti dengan berdirinya lima perumahan di wilayah Kelurahan Sindangpalay.

Laporan Hiti Robiah

Kelurahan Sindangpalay memiliki luas 164,99 Ha. Dengan pembagian wilayah Pemerintah Kelurahan Sindangpalay nya sebanyak 21 RW dan 67 RT. Jumlah penduduk sampai data terakhir sebanyak 7.842 jiwa dengan 2.415 kepala keluarga.

Kasie Pemerintahan Kelurahan Sindangpalay, Aden Badri menyampaikan Kelurahan Sindangpalay merupakan kelurahan yang memiliki potensi pengembangan sentra indutri rumahan atau home industri, pertanian, perumahan dan air kemasan.

Jenis pekerjaan penduduk di Kelurahan Sindangpalay sama seperti jenis pekerjaan masyarakat di kelurahan lain di Kota Sukabumi. Karena luar tanah pertanian masih luas. Sehingga, tidak sedikit profesi masyarakat yang memilih menjadi petani, terdapat 170 jiwa sesuai data yang di dapat.

Adapun profesi lain seperti pegawai negeri sipil sebanyak 161 jiwa, pegawai swasta sebanyak 530 jiwa, TNI sebanyak 11 jiwa, wiraswasta/pedagang sebanyak 648 jiwa, buruh tani sebanyak 734 jiwa, dan lain-lainnya.

Melihat batas wilayah pada Kelurahan Sindangpalay, sebelah utara nya berbatasan dengan Kelurahan Babakan, sebelah selatannya berbatasan dengan Kelurahan Baros, sebelah baratnya berbatasan dengan Kelurahan Limusnunggal, sedangkan di bagian timur berbatasan dengan Desa Sasagaran Kecamatan Kebonpedes Kabupaten Sukabumi.

Wilayah Kelurahan Sindangpalay memiliki potensi pada pengembangan Home industri, pertanian, perumahan dan air kemasan. Industri rumahan yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat baik di Kota Sukabumi maupun diluar kota yakni Kerupuk Kulit yang diproduksi oleh warga RW 1.

Produksi kerupuk kulit ini sudah ada semenjak tahun 1980. “Industri rumahan kerupuk kulit ini sudah ada sejak tahun 1980, dan kini sudah merekrut 20 karyawan yang berasal dari lingkungan sekitar, Alhamdulillah sudah dipasarkan ke luar Kota Sukabumi juga selain pasar-pasar lokal di Kota Sukabumi,” jelasnya.

Dari sektor perumahan pun Kelurahan Sindangpalay hingga kini sudah memiliki lima perumahan, diantaranya yaitu Perum Sindangpalay, Perum Pesona Mayanti, Grand Valley, Haidar Sentosa Residence dan Grange Park yang sedang dalam tahap pembangunan serta terletak persis di seberang kantor kelurahan.

Aden pun merasa bersyukur dengan banyaknya perumahan yang berdiri di wilayah Kelurahan Sindangpalay maka dapat membantu perekonomian masyarakat Kelurahan Sindangpalay.

Kelurahan Sindangpalay memiliki prestasi yang dibanggakan dari sektor pertanian. Di RW empat terdapat kelompok tani yang dinamakan Maju Terus Satu, dan saat ini sudah bekerja sama dengan Dinas Pertanian serta pihak swasta dari negeri Jepang dalam mengembangkan pertanian khususnya kualitas sayuran yang dimiliki masyarakat Kelurahan Sindangpalay.

“Kita memiliki kelompok tani Maju Terus Satu yang sudah kerja sama dengan Dinas Pertanian dan pihak swasta dari Jepang. Namun sayang, saya lihat mereka kurang sosialisasi dan kurang promosi. Sehingga, belum banyak yang tahu maka saya berharap rekan-rekan media dapat mendongkrak kelompok tani Maju Terus Satu tersebut,” imbuhnya.

(cr5/d)

Tags

Tinggalkan Balasan