Alfamart Peduli Disabilitas

SUKABUMI – Setiap 3 Desember, selalu diperingati sebagai Hari Disabilitas Internasional. Mengutip dari laman International Day of People with Disability (idwpd.com), elemen masyarakat internasional memperingatinya sebagai bentuk penghargaan atas peran dan kemampuan penyandang disabilitas juga dukungan untuk meningkatkan martabat, hak dan kesejahteraan mereka.

Tak ketinggalan Alfamart sebagai salah satu jaringan toko ritel modern di Indonesia, turut memperingati Hari Disabilitas Internasional dengan berbagai kegiatan.

Bacaan Lainnya

Tepatnya pada, Senin (3/12) salah satu toko di 32 cabang Alfamart, dilayani oleh para personil toko penyadang disabilitas selama satu shift kerja secara serempak.

Kemudian dilanjut dengan kunjungan manajemen ke rumah karyawan. Selain itu juga Alfamart memberikan penghargaan kepada karyawan penyandang disabilitas yang berprestasi, berupa pengangkatan karyawan tetap.

Secara simbolis SK karyawan tetap diberikan langsung oleh President Director Alfamart, Anggara Hans Prawira di sela kegiatan peringatan HDI di Toko Alfamart Cikokol, Tangerang.

“Pengangkatan sebagai karyawan tetap pada kesempatan ini merupakan bentuk penghargaan kami kepada mereka,”ujar Hans kepada Radar Sukabumi.

Alfamart berusaha memberi perspektif kepada masyarakat bahwa penyandang disabilitas memiliki kemampuan yang sama, dalam bekerja atau memberi pelayanan maksimal kepada pelanggan.

Salah satu contohnya dari Alfamart Cabang Cianjur, Jawa Barat, Ujang salah seorang karyawan penyandang disabilitas di ware house Cabang Cianjur sebagai karyawan Alfamart mengungkapkan, lingkungan kerjanya selalu memberi dukungan.

“Teman-teman dan atasan memperlakukan saya sama seperti yang lain, meskipun ada beberapa bantuan yang saya butuhkan mereka selalau membantu, membuat saya merasa dihargai,” terang ujang. Meskipun ada juga tantangan yang ia rasakan.

“Beberapa pelanggan mungkin sedikit berbeda kepada saya, tapi itu tantangan untuk memberikan yang terbaik untuk mereka,” paparnya.

Sementara itu, Human Capital Director Tri Wasono Sunu menjelaskan, Alfamart percaya bahwa penyandang disabilitas memiliki potensi yang bisa digali, untuk itu pihakny terbuka dan memberi kesempatan kepada penyandang disabilitas untuk bergabung dengan Alfamart.

“Alfamart merupakan salah satu industri ritel modern padat karya yang membutuhkan SDM yang cukup banyak dan mumpuni, oleh karenanya karyawan merupakan investasi yang penting bagi perusahaan.

Semua karyawan kami, tidak terkecuali penyandang disabilitas mempunyai hak yang sama dalam membangun karirnya. Saat ini Alfamart memperkerjakan 206 karyawan penyandang disabilitas di berbagai bagian, mulai dari store, warehouse, dan office,” terangnya.

Ke depan pihaknya akan terus membuka peluang kerja bagi penyandang disabilitas.”Ini bukti nyata bentuk dukungan dan implementasi dari UU No.8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas,

sekaligus mengajak pihak atau perusahaan lain untuk memberikan peluang dan hak yang sama untuk mereka,” tutupnya.

(wdy)a

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *