NASIONAL

Sidang Dimas Kanjeng Taat Pribadi, Divonis Nihil ?

RADARSUKABUMI.com – Pengadilan Negeri (PN) Surabaya kembali menggelar sidang kasus dugaan penipuan dengan terdakwa Dimas Kanjeng Taat Pribadi, Rabu (5/12). Kali ini agendanya pembacaan putusan.

Majelis hakim menjatuhkan vonis nihil kepada Dimas Kanjeng. Pertimbangannya, Dimas Kanjeng telah divonis 21 tahun pada perkara lain. Yakni, kasus pembunuhan Abdul Ghani dan penipuan.

Dari vonis tersebut, Dimas Kanjeng telah menjalani masa hukuman selama 2 tahun. Maka dengan tuntutan 4 tahun penjara, masa hukuman Dimas Kanjeng telah melebihi batas.

“Mengingat terdakwa telah divonis selama 21 tahun dan telah menjalani pidana selama 2 tahun, maka terdakwa divonis nihil karena maksimal selama 20 tahun (dari perkara lain),” kata Hakim Ketua Anne Rosiana di PN Surabaya, Rabu (5/12).

Atas vonis tersebut, JPU Rakhmad Hari Basuki menyatakan akan mengajukan banding. Tenggat waktu selama 7 hari. “Kami hormati keputusan hakim. Mungkin, kami JPU dan hakim punya perbedaan (pertimbangan),” ucap Basuki.

Basuki menerangkan, memang pidana badan tidak diperbolehkan melebihi 20 tahun. Hal itu termuat dalam Pasal 12 nomor 4 KUHP. Meski demikian, JPU tetap akan melakukan banding. Vonis nihil kepada Dimas Kanjeng dianggap hanya karena perbedaan pertimbangan.

“Kami punya catatan-catatan sendiri dalam hal mengajukan tuntutan. Jadi kalau berbeda, itu hal biasa. Tapi kami punya kewenangan untuk melakukan upaya hukum,” tukasnya.

(ce1/HDR/JPC)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close