UNIVERSITAS NUSA PUTRA

Antara Visi 2030 dan Karya Nyata Mahasiswa Prodi Teknik Sipil UNsP

“Gedung B Kampus UNsP itu mengusung green concept building, di mana baik disain maupun pelaksanaan dilakukan oleh mahasiswa Teknik Sipil UNsP. Selain itu, Perum Nusa Putra Residence juga bisa dikatakan merupakan karya nyata Prodi Teknik Sipil UNsP. Dari mulai disain hingga pengerjaannya,” jelas dosen yang mengambil S2 Teknik Sipil di Universitas Trisakti, Jakarta itu.

Kepada Radar Sukabumi, Paikun mengungkapkan berbagai kelebihan kuliah di Prodi Teknik Sipil Universitas Nusa Putra. Berikut wawancara lengkapnya:

  1. Teknik Sipil merupakan salah satu program studi yang populer di kalangan mahasiswa, bisa jelaskan kenapa?

Teknik sipil itu cabang ilmu teknik yang mempelajari rancang, bangun, dan renovasi. Tidak hanya infrastruktur, tapi juga lingkungan. Juga mempunyai ruang lingkup luas. Ada matematika, fisika, kimia, biologi, geologi, lingkungan, hingga komputer dengan peranannya masing-masing.

Ilmu ini dikembangkan sejalan kebutuhan manusia. Lulusan teknik sipil dapat memilih untuk mengambil spesialis di berbagai bidang studi baik dari rekayasa struktural, teknik lingkungan, hingga nanoteknologi.
Luasnya bidang teknik sipil ini yang menjamin banyaknya pilihan karir, membuat mata kuliah ini menjadi pilihan populer di kalangan mahasiswa.

2. Apa kelebihan Prodi Teknik Sipil Universitas Nusa Putra dibanding di perguruan tinggi lain?

Visi kami, menjadi prodi yang unggul dan inovatif dalam penyelenggaraan pendidikan di bidang teknik sipil yang memiliki daya saing tinggi dan berakar pada nilai-nilai kearifan lokal, tentunya.

Prodi Teknik Sipil Universitas Nusa Putra (UNsP) layak percaya diri mematok target tinggi bagi mahasiswa lulusannya yakni, mampu menghadapi era perdagangan global pada tahun 2030.

Dengan dukungan gedung kampus representatif serta dosen-dosen berkualitas lulusan perguruan tinggi ternama, UNsP memasang misi untuk menyelenggarakan sistem pendidikan dan pengajaran bidang teknik sipil untuk mengembangkan keilmuan berbasis transformasi zaman, agar mampu menghasilkan sumber daya
manusia yang kreatif dan inovatif.

Selain itu, melaksanakan penelitian untuk menghasilkan karya yang berdaya saing tinggi, baik di tingkat nasional maupun internasional.

3. Berbicara karya, apa karya nyata Prodi Teknik Sipil UNsP?

Prodi Teknik Sipil UNsP telah berdiri belasan tahun, Prodi ini sejak pertama kali dibuka hingga tahun 2018 ini, sudah 11 tahun berjalan, dan sudah mendapat Akreditasi B atau Baik Sekali dari BAN-PT.

Kami di sini tidak hanya mengajarkan teori, tetapi juga praktik. Berbicara karya nyata, saya kira yang paling jelas bisa dilihat adalah Gedung Kampus UNsP.

Rancang bangun gedung kampus seluruhnya melibatkan mahasiswa Prodi Teknik Sipil UNsP. Kemudian karya kedua yang riil adalah Perumahan Nusa Putra Residence di Jl. Kaum Ciraden, Cisaat Kabupaten Sukabumi.

Selain itu, dosen dan mahasiswa Teknik Sipil UNsP juga selalu ikut serta dalam event-even internasional seperti konferensi atau seminar yang diadakan di luar negeri.

4. Sebagai sebuah karya, apakah menurut Anda gedung kampus dan perumahan tersebut sebagai karya monumental yang layak dibanggakan?

Gedung B Kampus UNsP itu mengusung green concept building, di mana baik disain maupun pelaksanaan dilakukan oleh mahasiswa Teknik Sipil UNsP.

Tampak depan gedung kampus ini sangat berbeda dengan gedunggedung lain di Kota dan Kabupaten Sukabumi. Bahkan mungkin gedung ini satu-satunya yang menggunakan sistem finishing tampak depan curtain wall glass to glass.

Sistem finishing curtain wall glass to glass seperti itu baru ada di kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung. Ini sistem yang sangat ramah lingkungan karena lebih hemat energi.

Semoga gedung kampus ini bisa menginspirasi instansi lain dalam membangun gedung hemat energi seperti ini. Ke depan, semoga kualitas infrastruktur di Sukabumi juga akan semakin membaik. Bukan hanya gedung, tentunya yang harus semakin meningkat kualitasnya juga seperti jalan, trotoar, drainase, dan infrastruktur lainnya.

5. Lalu bagaimana dengan perumahan yang Anda maksud tadi?

Ya, Perum Nusa Putra Residence juga bisa dikatakan merupakan karya nyata Prodi Teknik Sipil UNsP. Dari mulai disain hingga pengerjaannya, melibatkan mahasiswa. Lokasinya sangat strategis dan bebas banjir.

Perumahan ini menggunakan konsep one gate system dan 24 hours security system, menjadikannya perumahan ini nyaman untuk dijadikan sebagai hunian yang asri dan bisa menjadi aset sangat berharga untuk berinvestasi.

Lokasinya sangat strategis, hanya 15 menit ke Pusat Kota Sukabumi, dekat dengan stasiun KA dan Pasar Semi Modern Cisaat, dekat sekolah dan rumah sakit, dekat jalur lingkar selatan, sehingga dipastikan investasi akan aman dan menjanjikan.

BIODATA

PAIKUN, ST., MT.
Sukabumi, 2 Maret 1974

ALAMAT
Perum Gunung Jaya Permai, Jl. Cempaka 1 No. 5, Gunung Jaya, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi

PENDIDIKAN

  • SD Negeri Kebon Waru
  • SMP PGRI Surade
  • STM Dwi Darma
  • S1 Teknik Sipil Universitas Nusa Putra
  • S2 Teknik Sipil Universitas Trisakti

PEKERJAAN/JABATAN

  • Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Nusa Putra
  • Kepala Program Studi Teknik Sipil Universitas Nusa Putra
  • Direktur Pondok Pesantren Mahasiswa Nusa Putra
  • Direktur PT Sukses Bangun Investama

ORGANISASI

  • Pengurus DKM Masjid Raya Raudhatul Irfan, Sukabumi
  • Pengurus DKM Masjid Nururrahman, DKI Jakarta
  • Anggota Persatuan Insinyur Indonesia (PII)
  • Pemuda Panca Marga (PPM)
PAIKUN, ST., MT. DOSEN DAN KEPALA PRODI TEKNIK SIPIL UNIVERSITAS NUSA PUTRA

 

Tags

Tinggalkan Balasan