200 Rutilahu di Desa Sukamulya

RADARSUKABUMI.com, CIKEMBAR – 200 Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) ada di Desa Sukamulya, Kecamatan Cikembar. Padahal di kawasan ini, terdapat kawasan industri yang notabenenya mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Namun demikian, pemerintah desa setempat nampak kewalahan mengatasi soal Rutilahu ini.

Bacaan Lainnya

Informasi yang dihimpun Radar Sukabumi, 200 Rutilahu tersebar diempat kedusunan. Yakni Kedusunan Sukabakti, Ciangsana 2, Ciangsana 1, Kebonjeruk dan Kedusunan Citengah.

Ironisnya, dari jumlah kedusunan itu, Kedusunan Ciangsana 1 dan Kedusunan Sukabakti merupakan kedusunan yang sangat berdekatan kawasan industri.

“Ada 200 unit rumah yang saat ini kondisinya memprihatinkan dan belum mendapat bantuan Rutilahu. Paling banyak Rutilahunya ada di Kedusunan Ciangsana 1 dan Kedusunan Sukabakti,” ujar Kepala Desa Sukamulya, Ade Rosidin kepada Radar Sukabumi, kemarin (30/11).

Pemerintah Desa Sukamulya, lanjut Ade, sudah berulang kali mengajukan permohonan kepada pemerintah daerah maupun pusat untuk program Rutilahu ini. Namun, bantuan Rutilahu tersebut belum memenuhi kuota kebutuhan.

“Saya berharap mereka ini bisa diperhatikan pemerintah pusat maupun daerah. Setiap tahun, pemerintah daerah hanya memberikan bantuan per desanya hanya satu unit saja. Sementara, jumlah Rutilahu di desa ini mencapai 200 lebih,” imbuhnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *