Kecamatan Cibeureum

Siap Bangun PDD IPB, Berpotensi Pertanian, Perumahan, UKM , dan Pupuk Kompos

KELURAHAN BABAKAN

RADARSUKABUMI.com – Secara garis besar Kelurahan Babakan berpotensi pada sektor UKM, pertanian, pupuk kompos, perdagangan, perumahan dan pendidikan. Hal ini terbukti dengan berdirinya tiga perumahan yang lokasinya strategis dan luas
.

Laporan Hiti Robiah

Kelurahan Babakan memiliki luas wilayah 184,09 Ha. Dengan pembagian wilayah Pemerintah Kelurahan Babakan sebanyak 10 RW dan 43 RT. Jumlah penduduk sampai data terakhir sebanyak 9.983 jiwa dengan 2.985 kepala keluarga.

Kelurahan Babakan yang dipimpin Yanwar Ridwan, S.Ip ini merupakan kelurahan yang memiliki potensi pengembangan UKM, pertanian, perdagangan, perumahan dan pendidikan. Jenis pekerjaan penduduk di Kelurahan Babakan sama seperti jenis pekerjaan masyarakat di kelurahan lain di Kota Sukabumi.

Wilayah pesawahan di Kelurahan Babakan ini yang masih luas. Sehingga, terdapat banyak warga yang memilih profesi sebagai petani, yakni sebanyak 1.042 jiwa sesuai data yang didapat. Namun banyak juga profesi lain yang dipilih masyarakat Kelurahan Babakan, seperti montir sebanyak 47 jiwa, Pegawai Negeri Sipil sebanyak 106 jiwa, karyawan swasta sebanyak 644 jiwa, seniman sebanyak 55 jiwa, pedagang kecil dan menengah sebanyak 1.054 jiwa, TNI sebanyak lima jiwa, POLRI sebanyak 14 jiwa, pensiunan sebanyak 32 jiwa dan lain lainnya.

Melihat batas wilayah pada Kelurahan Babakan, sebelah utaranya berbatasan dengan Desa Sukaraja Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi, sebelah selatannya berbatasan dengan Kecamatan Limusnunggal, sebelah baratnya berbatasan dengan Kelurahan Cibereum, sedangkan bagian timur berbatasan dengan Kelurahan Sindangpalay.

Wilayah Kelurahan Babakan memiliki potensi pada pengembangan sektor UKM, pertanian, pupuk kompos, perdangan, perumahan dan pendidikan. Biasanya setiap tanaman akan tumbuh bagus dan menghasilkan buah yang bagus pula jika diberi pupuk, begitupun dengan kegiatan yang ada di Kelurahan Babakan, tepatnya di RW sembilan, disana terdapat warga yang memproduksi pupuk kompos sendiri agar hasil panen dari tanaman nya berbuah bagus dan subur serta baik untuk dikonsumsi dibandingkan menggunakan pupuk yang bercampur dengan bahan kimia.

Di RW tujuh terdapat UKM makanan khas jawa barat yakni simping yang diproduksi setiap hari. Tidak hanya membuat simping namun ada juga makanan khas lain nya seperti telor gabus.

Di sepanjang jalur yang tidak jauh dari kantor Kelurahan Babakan pun berdiri banyak toko dan warung sebagai pusat perbelanjaan baik untuk warga sekitar atau pun masyarakat di Kota Sukabumi sendiri. Mulai dari pedagang makanan, minuman, warung kelontong, bengkel, toko perabotan rumah tangga serta jenis perdagangan lain nya.

Kelurahan Babakan sempat mendapatkan peringkat satu dalam perlombaan yang diselenggarakan Kecamatan Cibereum Hilir dan peringkat tiga dalam perlombaan yang diadakan oleh Kota Sukabumi.

Sarana pendidikan pun sudah tersedia di area Kelurahan Babakan untuk melayani masyarakat sehingga para orang tua tidak perlu menyekolahkan anak nya ke luar kelurahan jika ingin terjangkau oleh jarak. Dan saat ini telah dibangun Pendidikan Diluar Domisili (PDD) gedung perguruan tinggi IPB.

 

(cr5/d)

Tags
loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close