KABUPATEN SUKABUMI

Luapan Sungai Cibojong Rendam Pemukiman

CIKEMBAR— Hujan deras yang melanda Sukabumi, telah menyebabkan aliran sungai Cibojong meluap hingga meredam pemukiman penduduk dan hektaran lahan pertanian di Kampung Sunggapan Rt (3/10) Desa Bojong, Kecamatan Cikembar, kemarin (28/11).

Sekertaris Desa Bojong, Dede mengatakan, air selain menerjang delapan rumah warga dan mushola, juga telah meredam akses Jalan Raya Sunggapan setinggi lutut orang dewasa. “Luapan banjir ini, sering terjadi apabila wilayah ini dilanda hujan deras,” jelas Dede kepada Radar Sukabumi, kemarin (28/11).

Menurut Dede, aliran sungai Cibojong yang memiliki lebar sekitar 4 meter ini, telah meluap hingga meredam pemukiman penduduk dan area publik lainnya. Akibat pendangkalan lumpur.

“Seharusnya, ada pengerukan di sepanjang sungai Cibojong ini. Ya, kalau tidak dikeruk pasti lumpurnya akan mengendap di bawah. Sehingga, saat hujan deras tidak akan meluap seperti ini,” paparnya.

Pihaknya mengaku, bahwa pemerintah Desa Bojong sudah berulang kali mengajukan bantuan kepada pemerintah terkait untuk melakukan normalisasi mengenai pengerukan lumpur di sungai tersebut.

“Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa banjir ini. Hanya saja, warga mengalami kerugian materil, karena sekitar lima hektare pertanian padi terancam gagal panen. Sebab, padi yang baru memasuki musim tanam ini, telah terendam air. Bahkan, tangkal padinya berpotensi membusuk,” imbuhnya.

1 2Laman berikutnya
Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close