KOTA SUKABUMI

Fahmi dan Andri ‘Manjakan’ Masyarakat

CIKOLE– Kepemimpinan Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi dan Wakil Walikota Sukabumi, Andri Hamami mulai meluncurkan beberapa program unggulan yang menjadi visi misi dan janji politiknya.

Kali ini, pasangan bertagline Faham tersebut mulai melancarkan aksinya di bidang kesehatan dengan menyediakan pelayanan kesehatan bagi warga Kota Sukabumi dengan meluncurkan ambulance Sigap dan homecare.

“Mulai pekan ini kita luncurkan beberapa program unggulan saja, seperti halnya saat ini kita punya Ambulance Sigap dan Homecare,” ujar Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi usai memperingati Hari Kesehatan Nasional di Balaikota, kemarin (25/11).

Kedua program ini kata Fahmi, tentunya dalam upaya memaksimalkan pelayanan yang santun dan melayani terutama untuk memanjakan masyarakat di bidang kesehatan.

Sehingga kesehatan masyarakat Kota Sukabumi bisa terpantau. “Jadi nanti tidak usah bingung, kita siapkan layanan ini dengan gratis bagi masyarakat Kota Sukabumi,” ujarnya.

Untuk ambulance sigap atau singkatan dari Siap Ikhlas Segera Antar Jemput Pasien ini, pihaknya sudah menyiapkan sebanyak empat unit ambulance. Layanan ambulance ini disediakan secara gratis dan beroperasi selama 24 jam.

“Tidak berbayar, jika masyarakat kebingungan membutuhkan ambulance tinggal hubungi saja di hotline dan aplikasi yang kita siapkan 1×24 jam,” ujarnya.

Meskipun saat ini baru diluncurkan, tapi kata Fahmi sebelumnya juga sudah beroperasi. Respon masyarakat juga sangat bagus dan antusias dengan adanya pelayanan gratis ini. “Jika respon masyarakat terus semakin bagus nanti kita tambahkan armada ambulance kembali,” akunya.

Selain itu untuk program homecare, Fahmi sudah menyiapkan sebanyak 15 perawat yang akan ditempatkan disetiap keluruhan dengan berkoordinasi dengan puskesmas setempat. Program ini untuk melayani masyarakat yang tidak bisa berobat ke puskesmas atau rumah sakit.

” Saat ini kita baru 15 perawat nanti kita akan tambahkan lagi, 1 perawat 1 kelurahan. Kita ingin melayani warga yang memang tidak bisa berobat kerumah sakit,” ujarnya.

Nantinya, mereka juga akan bertugas berkeliling disetiap kelurahan untuk melakukan pengecekan lokasi masyarakat yang memang membutuhkan pelayanan kesehatan. ” Mereka bergerak setiap hari berkunjung ke rumah warga yang memang harus dikontrol kesehatannya,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, dr. Ritanenny mengatakan visi misi Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi di bidang kesehatan ini menginginkan masyarakat mudah terakses pelayanan kesehatan. Makanya pihaknya menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan fasilitas penunjangnya.

” Dua program ini kita kemas dengan sedemikian rupa agar masyarakat bisa mudah mendapatkan layanan kesehatan,” ujarnya.

Lanjut dia, program homecare dengan satu perawat satu kelurahan itu akan dilakukan secara bertahap. Pasalnya, berkaitan dengan rekrutmen tenaga kontrak, yang saat ini sedang dilakukan.

” Kita baru rekrurmen 15 orang perawat dulu nanti akan ditambah lagi menjadi 1 perawat 1 kelurahan, sedangkan saat ini perawat disetiap kelurahan itu akan dibantu oleh teman teman yang ada di puskesmas terdekat,” terangnya.

Kedepan, program homecare akan membentuk suatu wadah yang terdiri dari beberapa organisasi profesi lainnya. Hal tersebut agar program homecare ini bisa berjalan optimal melayani masyarakat. ” Kita akan kemas kedepannya dengan pengelolaan homecare dari berbagai profesi,” katanya.

 

(bal/d)

loading...
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close