POLITIK

TPS Pemilu Bertambah Dua Kali Lipat

BANDUNG— Jumlah TPS pada Pemilu 2019 dipastikan bertambah. Pasalnya, hal itu dampak dari penyelenggaran Pileg dan Pilpres yang serentak di 2019. Sehingga masyarakat akan mendapatkan lima surat suara pada saat pemilihan.

“Pilgub Jabar itu kan hampir 75.000 TPS. Sekarang hampir 137.000 lebih TPS dan itu kemungkinan masih terus bertambah. Jadi TPS itu hampir 2 kali lipat,” kata Komisioner KPU Jawa Barat Endun Abdul Haq di Gedung DPRD Jabar, Jalan Diponegoro, Bandung, Kamis (15/11).

Menurutnya, Pemilu 2019 serentak juga berdampak terhadap jumlah pemilih di TPS. KPU RI sudah menerbitkan kebijakan yakni satu TPS untuk 300 pemilih.

Sehingga kekhawatiran penghitungan suara bakal melibihi satu hari bisa teratasi. “Memang di UU Pemilu itu Pemilu 2019 maksimal 500 pemilih. Tapi KPU RI sudah membuat kebijakan 300 pemilih setiap TPS,” jelasnya.

Sebelumnya, Komisi I DPRD Jabar mencium potensi kendala teknis yang akan terjadi dalam proses pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2019.

Dikhawatirkan kendala tersebut akan mempengaruhi sah atau tidaknya hasil penghitungan suara secara formal.

Hal itu diketahui saat Komisi I DPRD Jabar melakukan kunjungan kerja dalam rangka monitoring persiapan penyelenggaraan Pileg dan Pilpres Tahun 2019 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur, Kamis (8/11).

“Tadi kita berbicara tentang simulasi pemilihan, kita akan mendapatkan kendala teknis dengan 5 surat suara dengan 300 per TPS.

Tadi hasil simulasinya adalah sekitar 5 menit per pemilih belum penghitungan suara jadi ada kemungkinan lewat hari,” ungkap Anggota Komisi I DPRD Jabar Sadar Muslihat.

 

(yud)

loading...
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close