Pembuktian Juara Dunia

ROTTERDAM – Timnas Prancis hanya berjarak satu poin dari aib. Ya, Les Bleus yang berstatus juara Piala Dunia 2018 hanya membutuhkan hasil seri saat menghadapi Belanda dalam lanjutan penyisihan League A grup 1 Nations League dini hari nanti demi satu tiket ke empat besar.

Tetapi, tim polesan Didier Deschamps itu diyakini tidak akan sekadar main aman demi hasil imbang. Apalagi, skuad mereka tidak komplet lantaran banyak pemain yang cedera. Antara lain Paul Pogba, Benjamin Mendy, Anthony Martial, dan Alexandre Lacazette.

Raphael Varane yang fisiknya juga tidak 100 persen diragukan bisa tampil pada laga yang dihelat di De Kuip itu. ”Kami juara dunia dan harus bersikap seperti itu. Datang ke sana (De Kuip, Red) untuk menang,” ujar Didi pede seperti dilansir AFP.

Pernyataan eks pelatih Juventus tersebut merujuk kepada ancaman terhadap timnya andai kalah dari Belanda. Sebab, Der Oranje masih menyimpan satu pertandingan melawan Jerman (20/11).

Andai tim polesan Ronald Koeman itu berhasil sapu bersih dua pertandingan, maka yang lolos ke empat besar mewakili grup 1 adalah Belanda. Bila hal tersebut terjadi, maka aib sebagai juara dunia yang sebelumnya sudah dirasakan Jerman dengan jadi juru kunci grup, juga diderita Prancis.

Namun, rekor laga dengan status away Les Bleus selama 2018 juga bukan hal remeh. Dari 4 pertandingan di semua ajang, mereka 2 kali menang dan 2 kali imbang. Lebih jauh, sepanjang tahun ini, Hugo Lloris dkk hanya sekali kalah dari 15 pertandingan mereka.

Koeman yang tengah merintis lagi fondasi Belanda menyadari hal itu. Menurut dia, Prancis sangat mungkin tampil lebih ganas ketimbang saat mereka “hanya” menang 2-1 di pertemuan pertama yang dihelat di Stade de France (10/9).

Kala itu, Prancis langsung meledak dengan mencetak gol cepat di menit ke-14 babak pertama melalui Kylian Mbappe. Namun, Belanda bisa mengimbangi di paro kedua dengan menyamakan kedudukan melalui Ryan Babel (67′) sebelum Olivier Giroud memastikan kemenangan perdana Prancis di Nations League itu.

”Tentu saja kami ingin mendominasi di rumah sendiri. Namun, Prancis memiliki koordinhasi dengan lini serang yang mematikan dengan skema counter attack,” kata pelatih berjuluk Tintin itu merujuk kepada kombinasi sernagan Prancis yang dimotori Mbappe dan Antoine Griezmann.

Koeman kemudian menyoroti penampilan bek termahal di dunia miliknya Virgil van Dijk yang jadi penyebab terjadinya gol kedua Prancis di pertemuan pertama. Menurut eks pelatih Ajax Amsterdam dan Everton itu, dengan kekuatan fisik yang dimiliki, bek Liverpool tersebut terlalu santai.

Namun, kritik dari Koeman ternyata ditanggapi santai oleh Van Dijk. Menurut dia, kritik dari Koeman bisa membuatnya menjadi lebih baik lagi dan tidak melupakan hal sekecil apa pun ketika melakukan marking terhadap striker lawan. ”Itu (kritik Koeman, Red) sama sekali tidak mengganggu saya. Hal tersebut biasa terjadi ke banyak pemain,” ucap bek yang menjadi kapten Belanda itu.

Perkiraan Pemain

Belanda (4-3-3): 1-Cilessen (g); 2-Dumfries, 4-Van Dijk (c), 3-De Ligt, 6-Blind; 8-Strootman, 5-Wijnaldum, 7-De Roon; 9-Promes, 10-Depay, 11-Babel
Pelatih: Ronald Koeman

Prancis (4-2-3-1): 1-Lloris (g) (c); 2-Pavard, 17-Rami, 3-Kimpembe, 12-Digne; 13-Kante, 15-N’Zonzi; 10-Mbappe, 7-Griezmann, 14-Matuidi; 9-Giroud
Pelatih: Didier Deschamps

Wasit: Anthony Taylor (Inggris)
Stadion: De Kuip, Rotterdam
Asian Handicap: 1/4:0

 

(io)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *