Ormas BBRP Kawal Pemilu Damai

CICURUG— Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif dan Pilpres yang rencananya akan diselenggarakan pada bulan April 2019 mendatang, telah mendapatkan sorotan yang serius dari semua element.

Seperti halnya, organisasi masyarakat (Ormas) yang mengatasnamakan Barisan Benteng Raya Pajajaran (BBRP) Sukabumi, telah melakukan deklarasi damai.

Hal ini, terbukti saat ormas tersebut menyambut kunjungan rombongan Mabes Polri beserta Kapolsek Cicurug Kompol Ismin A. Wibowo ke rumah Sekjen BBRP di Kampung Pereng, RT 2/5, Desa Kuta Jaya, Kecamatan Cicurug.

“Semua anggota tampak antusias menyambut ajakan Polri untuk mencipatakan dan melakukan deklarasi pemilu damai,” jelas Ketua DPC BBRP DPC Sukabumi, Maman Egem kepada Radar Sukabumi.

Menurut Maman, Pemilu damai merupakan tanggungjawab seluruh lapisan masyarakat, baik omas maupun Lembaga Sosial Masyarakat.

“Intinya, kita dari ormas BBRP akan mengawal pesta demokrasi ini, dengan baik. Sehingga pada pelaksanaannya nanti, dapat berlangsung kondisif dan sesuai dengan harapan,” paparnya.

Hal serupa, dikatakan Sekjen BBRP H. Udin Herman menjelaskan, pihaknya sangat menyambut baik memgenai ajakan Polri untuk mencipatakan dan melakukan deklarasi pemilu damai, “Selain untuk memerangi hoaks, deklarasi pemilu damai ini, dimaksudkan untuk mencegah adanya ujaran kebencian. Sehingga diharapkan dapat tercapainya pemilu yang aman, damai dan tertib,” bebernya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pemilu bukan baru sekali diselenggarakan di Indonesia. Namun, pemilu kali ini menurutnya, memang luar biasa. Lantaran, banyak dibumbui dengan hoaks dan ujar kebencian yang mudah merebak di Media Sosial (Medsos).

“Untuk itu, kita harus pandai memilah dan memilih informasi yang beredar serta jangan mudah mempercayai informasi yang belum jelas kebenarannya,” tandasnya.

Sementara itu, Kapolsek Cicurug Kompol Ismin A.Wibowo mengatakan, pihaknya mewakili Polri sangat berterima kasih kepada BBRP yang telah menyambut ajakan Polri untuk mencipatakan dan melakukan deklarasi pemilu damai serta siap menjaga keutuhan NKRI.

“Untuk menjaga keutuhan NKRI bukan hanya tanggung jawab aparat, tapi juga tanggung jawab kita semua,” jelasnya.

Ia menambahkan, dengan banyaknya ujaran kebencian dan berita hoax di media social dapat merusak persatuan dan kesatuan NKRI, untuk itu Polri mengimbau bagi seluruh masyarakat untuk lebih bijak menggunakan media social. “Kami berharap pemilu 2019 nanti bisa berjalan lancar, aman dan nyaman,” pungkasnya.

 

(den/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *