Serukan Perdamaian Palestina dan Semenanjung Korea

JAKARTA – Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral bilateral dengan sejumlah kepala negara di sela-sela pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Singapura, kemarin (14/11). Selain persoalan ekonomi, isu perdamaian juga menjadi misi Indonesia dalam pertemuan.

Dalam pertemuan dengan Perdana Menteri (PM) Australia Scott Morrison, Presiden kembali mengajak Australia untuk berkontribusi dalam perdamaian Palestina-Israel.

Bacaan Lainnya

Yakni yang adil berdasarkan prinsip-prinsip two state solution. Pada kesempatan itu, Indonesia kembali menegaskan posisinya. “Mengharapkan Australia dapat membantu mewujudkan perdamaian Palestina dan Israel berdasarkan two state solution,” ujarnya.

Selain Palestina, Indonesia juga mendorong perdamaian di kawasan Semenanjung Korea. Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo saat saat menghadiri KTT ASEAN-Korea Selatan. Jokowi menyebut tekad kuat yang ditunjukkan Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, untuk mengupayakan perdamaian sangat diapresiasi oleh dunia dan berbuah hasil.

Menurutnya, hal itu menjadi satu dari sekian harapan di tengah banyak ketidakpastian yang sedang melanda dunia sekarang ini. “Harapan baru tersebut tidak akan terjadi jika tidak terdapat tekad kuat Presiden Moon untuk mengupayakan perdamaian,” ujarnya di Suntec Convention Centre, Singapura.

Indonesia, lanjutnya, bersahabat baik dengan Korea Selatan. Tapi di sisi lain, juga mempunyai hubungan bilateral dengan Korea Utara hingga lebih dari 50 tahun lamanya. Oleh karenanya, Indonesia mendukung penuh kerja keras dan upaya perdamaian yang dijalankan di Semenanjung Korea.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *