Perjusami Bentuk Karakter Siswa

SUKABUMI – Memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama (Kemenag) ke-73, sebanyak 27 Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kota Sukabumi mengikuti Perkemahan Jumat, Sabtu dan Minggu (Perjusami) di Villa Ibrahim Jalan Sukajaya, Desa Sukajaya, Kecamatan/Kabupaten Sukabumi.

Ketua Panitia Perjusami Diki Ismayudi mengatakan, Perjusami dilaksanakan mulai 2-4 November 2018 untuk menyambut HAB Kemenag ke-73 yang jatuh pada 3 Januari 2019.

Bacaan Lainnya

“Dalam Perjusami ini, seluruh siswa dikenalkan dengan alam sekitar salah satunya lewat hiking,” ujar Diki yang ditemui Radar Sukabumi di sela-sela Perjusami, Minggu (4/11).

Dari 27 MI yang ikut Perjusami, panitia membaginya ke dalam regu yang masing-masing berisi sepuluh murid. Jika di total, Perjusami kali ini diikuti oleh 27 MI atau 540 murid.

“Perjusami juga bertujuan untuk membentuk karakter siswa dalam mempersiapkan generasi muda yang beriman dan bertakwa, cerdas dan kuat. Para siswa diajarkan untuk memiliki tanggung jawab, disiplin, mandiri dan bersikap baik,”terangnya.

Untuk mencapai tujuan tersebut, panitia mengisinya dengan beragam kegiatan menarik. Yaitu keagamaan dan kepramukaan. “Untuk kegiatan keagamaan, anak-anak diajak untuk mengikuti tahfid Alquran dan azan,” ulasnya.

Sedangkan untuk materi kepramukaan, para peserta Perjusami dilatih untuk bisa baris berbaris, mencari jejak, membuat tenda, memasak dan kegiatan kepanduan lainnya.

“Ini dilakukan untuk melatih jiwa kemandirian siswa,”terangnya. Perjusami sendiri dibuka langsung oleh Kepala Kemenag, Chalik Mawardi dan dihadiri oleh para kepala MI se-Kota Sukabumi.

Di hari terakhir, para peserta diajak hiking dengan menyusuri rute sekitar perkemahan. “Jaraknya sekitar 3 KM, dibagi menjadi empat pos yang pertama mengenalkan alam sekitar, kepramukaan, games dan lain sebagainya,” ulasnya.

Kegiatan kepramukaan sendiri, lanjut Diki, merupakan kegiatan ekstrakurikuler wajib di Kurikulum 2013. “Semoga ke depan kegiatan-kegiatannya lebih terprogram dan juga ini efeknya untuk peserta didik kita supaya lebih mengeksplor potensi yang dimiliki dan jiwa-jiwa keperamukaan,” tandasnya.

 

(cr4/t)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *