Puluhan Warga Tanjungsari Terserang Virus TBC

JAMPANGTENGAH-– Puluhan warga Desa Tanjungsari, Kecamatan Jampangtengah, terserang virus Tubercloses (TBC). Berdasarkan data yang tercatat di Desa Tanjungsari, sepanjang 2018 terdapat 30 lebih warga yang mengidap penyakit TBC.

“Bahkan, pada 2016 lalu seorang warga Desa Tanjungsari menjadi korban hingga meninggal dunia, akibat penyakit itu,” jelas Kepala Desa Tanjungsari, Dillah Hablillah saat disambangi Radar Sukabumi di Kantor Desa Tanjungsari, kemarin (1/11).

Bacaan Lainnya

Puluhan warga yang mengidap penyakit tersebut, sambung Dillah, telah tersebar di Kedusunan Cijambe, Leuwidingding, Bantarsari, Tanjungsari, Rawaseel, Cidahu, Ciguha dan Kedusunan Cibangkong. “Namun, dari delapan kedusunan tersebut, mayoritas berada di Kedusunan Cijambe dan Kedusunan Batarsari,” paparnya.

Untuk mengantisipasi jatuhnya korban jiwa akibat penyakit tersebut, sampai saat ini pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi melalui Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Jampangtengah untuk melakukan pencegahan penularan virus TBC.

“Untuk mempercepat proses penyembuhan kita telah membentuk tim pendamping minum obat (PMO) di lingkungan keluarga yang mengidap TBC. Setelah itu, kita pantau lewat relawan yang berasal dari keluarga korban yang terkena TBC. Hal ini, harus dilakukan agar masyarakat dapat di pantau selama 24 jam,” paparnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, berdasarkan informasi dan keterangan dari petugas Puskesmas bahwa, virus TBC yang menyerang puluhan warga Desa Tanjungsari, disebabkan faktor genetik dan penularan. Sementara, pemicunya dari faktor lingkungan yang tidak bersih serta pola hidup yang tidak sehat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *