Berdiri Masjid Agung, Lapangan Merdeka dan Pusat Perbankan-Pertokoan

Masjid Agung dan Lapangan Merdeka yang menjadi salah satu ikon Kota Sukabumi berada di Kelurahan Gunung Parang.

Laporan Rohmat Hidayat

Bacaan Lainnya

Kelurahan Gunung Parang memiliki luas wilayah 64, 6 Ha. Kelurahan yang dikepalai Lurah Gunung Parang Qori Qornaen Hasan, S.IP ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 4.047 jiwa dengan jumlah penduduk 1.297 kepala keluarga.

Kelurahan Gunung Parang termasuk kelurahan yang berada di pusat perkotaan Sukabumi. Karena itu pekerjaan penduduknya banyak yang mengikuti pada giat pekerjaan penduduk perkotaan, seperti menjadi pegawai negeri seperti pegawai Pemerintah Kota Sukabumi.

Perusahaan Badan Usaha Milik Daerah, TNI/Polri, kemudian pegawai swasta seperti pegawai perkantoran, pegawai perbankan, pertokoan, dan lain sebagainya. Ada juga wiraswasta, pedagang, buruh dan masih banyak lagi.

Gunung Parang adalah Kelurahan di tengah kota, secara otomatis potensi yang dimiliki wilayah Kelurahan Gunung Parang adalah potensi perkotaan.

Tersebutlah Masjid Agung Kota Sukabumi yang menjadi ikon Kota Sukabumi sejak dulu dan bersejarah menjadi sentral ibadah umat Islam di Sukabumi pada khususnya dan kaum muslimin pada umumnya berdiri tegak di Kelurahan Gunung Parang.

Begitupula Lapangan Merdeka yang menjadi pusat Olahraga, pusat berkumpulnya kegiatan masyarakat Sukabumi pada khususnya, dan lain sebagainya juga berada di Kelurahan Gunung Parang.

Wilayah Kelurahan Gunung Parang juga memiliki potensi sebagai pusat perkantoran, seperti perbankan, kantor pemerintah, dan lain sebagainya. Gunung Parang juga memiliki potensi pusat pertokoannya Kota Sukabumi.

Ratusan pertokoan terbangun di sepanjang jalan protokol Jalan Akhmad Yani berada di wilayah Kelurahan Gunung Parang.Di sini juga terbangun salah aatu pasar swalayan yang juga menjadi tempat transaksi jual beli masyarakat Sukabumi pada khususnya. Berbagai UKM yang ada juga di wilayah Kelurahan Gunung Parang.

 

(cr3/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *