Pusat Pemerintahan Kota Sukabumi

Pusat Pemerintah Kota Sukabumi, yakni kantor Walikota Sukabumi dan Wakil Walikota Sukabumi serta sejumlah kelembagaan dinas di Pemerintah Kota Sukabumi berdirinya di wilayah Kelurahan Cikole Kota Sukabumi.

Laporan Rohmat Hidayat

Bacaan Lainnya

Kelurahan Cikole Kota Sukabumi merupakan kelurahan inti dari Kota Sukabumi. Kenapa ? Karena, di Kelurahan Cikolelah terbangun Balaikota Sukabumi (Kantor Walikota Sukabumi dan Wakil Walikota Sukabumi) yang juga merupakan pusat Pemerintah Kota Sukabumi.

Lurah Cikole, Ujang Dayat menjelaskan bahwa Kelurahan Cikole memiliki luas wilayah 78, 84 Ha. Dengan pembagian wilayah Pemerintah Kelurahan Cikolenya sebanyak 7 RW dan 36 RT dengan jumlah penduduk sampai data terakhir yang diperoleh darinya sebanyak 5.086 jiwa dengan 1.775 kepala keluarga.

Serupa dengan sejumlah penduduk di kelurahan lain di Kota Sukabumi bahwa sebagian besar pekerjaan penduduk di Kelurahan Cikole adalah mengikuti pekerjaan sebagian besar penduduk perkotaan.

Di mana hampir sebagian besarnya ada yang bekerja menjadi pegawai Pemerintah Kota Sukabumi dan lainnya, pegawai perbankan, pegawai swasta, guru negeri dan swasta, wiraswasta, pedagang dan hanya sebagain kecil yang bekerja bertani yang hanya 50 orang dari data yang didapat. Ada juga pensiunan sebanyak 425 jiwa, Polri 49 jiwa, TNI AD 11 jiwa, buruh 275 jiwa, pelajar 1.067 jiwa, sampai kepada lain-lainya seperti pengangguran.

Melihat batas wilayah pada Kelurahan Cikole, sebelah baratnya berbatasan langsung dengan Kelurahan Selabatu, sebelah utaranya dengan Desa Warnasari yang masuk Kecamatan dan Kabupaten Sukabumi, sedangkan pada bagian utaranya, Kelurahan Cikole berbatasan dengan Kelurahan Gunung Parang dan Kebonjati.

Melirik potensi yang berkembang di Kelurahan Cikole selain yang disebutkan di atas, yakni pusat Pemerintahan Kota Sukabumi karena berdiri Balaikota Sukabumi juga ada potensi lainnya, seperti UMKM salah satunya Bandrek Milk yang sudah tersohor sejak dulu. Ada juga potensi lainnya sektor pendidikan, kesehatan, dan lain sebagainya.(cr3/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *