CIANJURWISATA

Konversi Situs Gunung Padang Diambil Alih Pemprov Jabar

Pemerintah provinsi (pemprov) Jawa Barat (Jabar) berencana akan mengkonversi Situs Megalitikum Gunung Padang.

Tujuannya, agar situs kebanggaan Kabupaten Cianjur itu dapat terpelihara dan tidak bertambah rusak.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, pada 2019, Situs Gunung Padang akan segera dikonversi. Pada saat yang sama, situs yang berupa bebatuan perundak itu akan segera ditata.

“Agar tidak semakin rusak atau terganggu oleh aktivitas wisatawan dan pedagang yang sembarangan,” ujarnya.

Menurutnya, Situs Gunung Padang menjadi bukti tingginya peradaban Sunda Kuno di masa lalu sehingga harus dilestarikan dengan baik.

Ia berharap, semoga Situs Gunung Padang akan menjadi destinasi sejarah yang tertata secara maksimal layaknya Candi Borobudur. “Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya,” tulisnya dalam postingan instagram miliknya @ridwankamil diakhiri #JABARJUARA.

Postingan Kang Emil mendapat reaksi dari netizen. “Mantul pak, 2 kali ke sana saya ketagihan,” ketik akun @istyanahrtnti. Hingga pukul 20:15, postingan ini sudah meraup 134.780 like dan dibanjiri 3.585 komentar.

Perlu diketahui, Gunung Padang terletak di perbatasan Dusun Gunungpadang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur. Situs ini kerap kali menjadi tujuan utama saat berkunjung ke Cianjur.

Tempat wisata ini merupakan situs prasejarah peninggalan kebudayaan Megalitikum di Jawa Barat. Selama perjalanan, wisatawan akan dimanjakan dengan nuansa alam yang indah dengan pemandangan mempesona.
(radar cianjur/yaz)

loading...
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close