Bagian Pusat Lembaga Pendidikan di Kota Sukabumi

Berdirinya sejumlah lembaga pendidikan dari TK, SD, SMP, SMA, sampai kepada perguruan tinggi di Kelurahan Karamat menjadi bukti bahwa potensi kelurahan tersebut syarat dengan potensi pendidikan.

Laporan Rohmat Hidayat

Bacaan Lainnya

Kelurahan Karamat memiliki luas wilayah 110, 25 Ha. Kelurahan ini berbatasan pada bagian baratnya adalah Kelurahan Karang Tengah, pada bagian timurnya berbatasan dengan Kelurahan Selabatu, bagian utaranya dengan Desa Perbawati yang masuk Kecamatan dan Kabupaten Sukabumi dan bagian selatannya berbatasan dengan Kelurahan Sriwedari yang masih satu kecamatan dengan Kelurahan Karamat, yakni Kecamatan Gunungpuyuh.

Berdasarkan data yang diperoleh Kelurahan Karamat memiliki jumlah penduduk sebanyak sekitar 8.182 jiwa dengan jumlah Kepala Keluarga sebanyak 2.552 KK dan pemerintahannya terdiri atas 9 RW dan 37 RT. Hal ini disampaikan Seklur Kelurahan Karamat, Aditya Wibawa, S.STP kepada Radar Sukabumi.

Soal mata pencaharian penduduk Kelurahan Karamat memang sebagian besar adalah pegawai baik diinstansi kepemerintahan maupun swasta. Tapi juga penduduk yang mencari nafkah dengan bertani, wiraswasta, berdagang, dan lain sebagainya.

Melirik potensi besar yang ada di Kelurahan Karamat boleh dibilang Kelurahan Karamat adalah bagian dari pusatnya pendidikan di Kota Sukabumi. Ya, berbagai lembaga pendidikan mulai TK sampai perguruan tinggi/sekolah tinggi sampai kepada kepesantrenan berdiri tegak di Kelurahan Karamat. Pembelajarannya pun ada yang umum sampai kepada pembelajaran kepesantrenan.

Sebut saja ada untuk pendidikan dasarnya ada SDIT At Tartil pendidikan menengahnya ada SMAIT Insani, SMA Pesantren Hayatan Thayyibah, sekolah tingginya ada Stikes Sukabumi, STKIP Sukabumi, juga pembelajaran kepesantrenannya di Karamat ada pesantren yang sudah terkenal di mana para santrinya berasal dari tanah air, yakni Pesantren Lembaga Kaligrafi Al Qur’an atau yang dikenal dengan sebutan Pesantren Lemka, dan lain sebagainya. (cr3/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *