Tol Bocimi, Tumbal Gimmick Politik Pilpres?

RADARSUKABUMI.com, SUKABUMI – Tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) digadang-gadang bakal segera beroperasi akhir bulan Oktober ini. Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan meresmikan jalan bebas hambatan yang menghubungkan Bogor dengan Sukabumi.

Namun, hingga kini belum kabar kelanjutan dari pihak pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR). Begitupun informasi terbaru dar pihak kontraktor, PT Trans Jabar Tol.

Bacaan Lainnya

Dihubungi oleh Radarsukabumi.com, Pimpinan proyek (Pimpro) PT TJT, Joko Susilo tidak memberikan respons sedikitpun ketika ditanyakan ihwal progres Tol Bocimi.

Tol Bogor Ciawi Sukabumi Dibuka Akhir Oktober

Sementara itu, masyarakat pun mulai mempertanyakan keseriusan dan komitmen pemerintah mengenai janji pengoperasian Tol Bocimi akhir bulan ini. Saddam, warga Cikembar, Sukabumi adalah salah satu yang mempertanyakan hal ini.

“Kemarin janjinya akhir bulan (Oktober) ini. Tapi ini sudah mau akhir bulan, kok gak ada kabar ya,” kata Saddam kepada Radarsukabumi.com, Senin (29/10/2018).

Keberadaan jalan bebas hambatan sepanjang 54,3 Km ini, kata Saddam, sangat dibutuhkan oleh masyarakat Sukabumi khususnya. Sebab banyak warga Sukabumi yang setiap hari memiliki keperluan atau urusan ke kawasan Jabodetabek.

“Seperti saya misalnya, kadang harus ke Depok atau Jakarta. Nah kalau ada tol Bocimi ini kan enak ya, memangkas waktu dan terhindar dari kemacetan. Rakyat sangat perlu tol Bocimi ini,” ungkap dia.

Gawat! Peresmian Tol Bocimi Terancam Bermasalah

Wiraswasta muda ini berharap agar rencana pengoperasian tol Bocimi bukanlah janji manis belaka. Sebab sudah menjadi rahasia publik bahwa pengerjaan jalan tol ini sempat mangkrak hingga gonta-ganti investor.

“Jadi mohon lah pemerintah jangan hoax, jangan bohongi masyarakat. Tolong tepati janjinya kalau tol Bocimi mau dioperasikan bulan ini, minimal tahun ini. Jangan sampai masyarkat mengira ini gimmick politik karena tahun pilpres,” tukasnya.

Lain halnya dengan Inggar. Warga Cipanengah, Sukabumi yang juga terkadang tinggal di rumahnya di Ciawi, Bogor cukup optimistis pemerintah akan merealisasikan janjinya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *