Timnas U-19 Indonesia Kandas Melaju ke Piala Dunia

Berakhir sudah perjuangan Timnas U-19 Indonesia di ajang Piala Asia U-19 2018. Tim asuhan Indra Sjafri gugur pada babak perempat final setelah kalah dari Jepang U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Minggu (28/10) malam.

Di menit -menit awal, Indonesia sebenarnya sudah menciptakan kejutan. Pergerakan lincah Saddil Ramdani dan Witan Sulaiman mampu merepotkan lini pertahanan Jepang. Namun sayang, tak ada penyelesaian sempurna yang dilakukan skuad Garuda Nusantara.

Bacaan Lainnya

Jepang mulai bangkit dari tekanan. Mereka bahkan dapat mencetak gol di menit ke-12. Namun gol tersebut dianulir wasit sebab Daiki Hashioka sudah berada dalam posisi offside.

Kedua tim sama-sama ngotot dalam melancarkan serangan. Namun peluang lebih banyak didapatkan oleh Tim Samurai Biru. Rachmat Irianto dan kawan-kawan sampai harus jatuh bangun untuk meredam agresivitas Jepang.

Di menit 40, gawang Indonesia kawalan Muhammad Riyadi akhirnya kebobolan. Jepang unggul melalui sepakan keras Higashi Shunki dari luar kotak penalti. Bola meluncur deras ke pojok kiri atas.

Di sisa waktu babak pertama, Indonesia berusaha meningkatkan daya serangannya. Namun sayang, tak ada gol penyeimbang hingga wasit meniuplkan peluit tanda istirahat.

Di paruh kedua laga, hujan membasahi SUGBK. Permainan kedua tim jelas sedikit terganggu, namun Indonesia masih bisa menciptakan peluang terlebih daulu.

Hanis Saghara Putra sempat meliak-liuk melewati pertahanan Jepang. Namun tendangannya masih diblokir oleh pemain lawan. Begitupun dengan Muhammad Luthfi Kamal. Sepakan kerasnya melenceng ke sisi kiri gawang.

Di menit 67, Indonesia dapat peluang emas usai terjadinya pelanggaran di depan kotak penalti Jepang. Namun bola yang disepak Saddil Ramdani masih mampu ditepis oleh Kosei Tani.

Dua menit berselang, serangan balik Jepang membuahkan hasil manis. Diawali dari pergerakan Takefusa Kubo, bola kemudian diserahkan kepada Taisei Miyashiro yang berdiri tanpa kawalan. Dengan sekali sentuhan, bola bersarang ke gawang Indonesia.

Demi menambah daya serang, Indonesia memainkan Todd Rivaldo Ferre di menit 73. Dirinya masuk menggantikan Kadek Raditya yang berperan sebagai bek. Dengan begini, Indonesia kembali menerapkan formasi empat pemain bertahan seperti laga-laga sebelumnya.

Akan tetapi strategi tersebut tidak membawa perubahan besar. Hingga laga usai, Indonesia tetap ketinggalan 0-2. Akibat kekalahannya ini, Saddil Ramdani Cs gagal maju ke babak semifinal sekaligus tak bisa meraih tiket menuju Piala Dunia U-20.

Susunan pemain
Jepang U-19: Kosei Tani; Shunki Higashi, Yuki Kobayashi, Daiki Hashioka, Yukinari Sugawara; Saito Mitsuki, Hiroki Ito, Kanya Fujimoto (Koki Saito 14′), Hiroki Abe (Kyosuke Tagawa 63′); Taisei Miyashiro, Takefusa Kubo (Ayumu Seko 90+2′).

Indonesia U-19: Muhammad Riyandi; Asnawi Mangkualam, Kadek Raditya (Todd Rivaldo Ferre 73′), Rachmat Irianto, Indra Mustafa, Firza Andika; Muhammad Luthfi Kamal, Witan Sulaiman, Sadddil Ramdani, Syahrian Abimanyu; Hanis Saghara Putra (Muhammad Rafli 87′).

(ies/JPC)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *