SUKABUMIUNIVERSITAS NUSA PUTRA

1000 Beasiswa Anak Negeri dari Universitas Nusa Putra

Universitas Nusa Putra (NPU) “1000 Beasiswa Anak Negeri” yang diperuntukkan bagi generasi muda di seantero Ibu Pertiwi. Ada lima segmen yang dibidik yakni, santri berprestasi, berprestasi di bidang olah raga dan seni, non Muslim, dan Beasiswa Indonesia Timur. Program ini merupakan upaya NPU mengapresiasi anak-anak muda Indonesia yang memiliki prestasi akademik dan non akademik, namun tidak memiliki kesempatan untuk kuliah.

Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) ini diberikan kepada:

  • Santri lulusan madrasah aliah swasta milik pondok pesantren, pondok pesantren muadalah, atau pondok pesantren salafiyah.
  • Santri telah bermukim (tinggal) di pesantren minimal selama 3 tahun.
  • Santri telah mendapatkan rekomendasi dari pimpinan pondok pesantren.
  • Tidak buta warna untuk program studi (prodi) tertentu.
  • Hafalan Al-Quran minimal 3 juz.
  • Tinggi badan minimal 155.
  • Pelaksanaan seleksi dilakukan di kampus NPU.
  • Biaya transportasi dan akomodasi selama proses seleksi ditanggung masing-masing santri.

Sementara untuk tes dibagi menjadi:

  • Tes bahasa Arab
  • Tes bahasa Inggris
  • Tes kepesantrenan
  • Tes potensi akademik

Beasiswa untuk santri ini diberikan sebagai upaya Universitas Nusa Putra (NPU) melahirkan Generasi Nusa Putra Brilian (Genusian) yang mampu bersaing di kancah global, selain memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) dan skill mumpuni, mahasaiswa NPU memiliki akhlak baik sebagai modal utama sesuai Trilogi Nusa Putra yaitu, Cinta Kasih Ilahiyah, Cinta Kasih Orang Tua, dan Cinta Kasih Sesama.

Program beasiswa bagi non Muslim ini diberikan merupakan upaya NPU menciptakan susana kampus yang multikultur, serta membiasakan berinteraksi sosial meskipun berbeda latar belakang pendidikan, suku, agama, ras, dan antargolongan.

Syarat utama bagi mahasiswa non Muslim penerima beasiswa ini adalah mendapatkan rekomendasi dan pernyataan jaminan pendidikan agama bagi calon mahasiswa non muslim dari Pemuka Agama dan Kepercayaanya yang di anutnya. Calon mahasiswa terlebih dahulu akan mengikuti tes masuk berupa tes akademik dan non akademik.

Beasiswa jalur prestasi non akademik ini, syaratnya calon mahasiswa punya salah satu sertifikat juara I, II, atau III (piala/medali emas, perak, atau perunggu) minimal tingkat provinsi dalam bidang seni dan/atau prestasi ekstrakurikuler selama duduk di bangku SMA/MA/SMK/sederajat.

Selain bukti prestasi di bidang seni, calon mahasiswa juga akan menjalani seleksi berikutnya, yaitu praktik sesuai keahlian masing-masing dan tes psikologis.

Setelah dinyatakan lolos tes, calon mahasiswa berhak memilih semua jurusan kuliah yang ada di NPU.

Beasiswa bagi para atlet berprestasi ini diberikan kepada atlet nasional tanpa tes masuk. Para atlet tersebut nantinya akan ditawarkan kuliah di beberapa fakultas untuk jenjang S1 baik sosial, ekonomi, maupun teknik. Dengan program ini diharapkan para atlet nasional tidak perlu bingung lagi untuk meneruskan pendidikannya hingga jenjang sarjana.

Dengan demikian diharapkan peluang studi dapat terbuka lebar bagi para atlet di seluruh penjuru Indonesia. Dalam memberikan mata kuliah nantinya, bagi mahasiswa yang tinggal di luar daerah dapat dilakukan secara online atau blended learning.

Beasiswa bagi atlet berprestasi ini juga diberikan kepada atlet-atlet yang berprestasi baik ditingkat kota/kabupaten maupun provinsi. Untuk itu, NPU akan menjalin kerjasama dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) di semua tingkatan.

Beasiswa Indonesia Timur adalah beasiswa yang diberikan bagi lulusan SMA/Sederajat dari wilayah Indonesia bagian Timur seperti Maluku, NTT, NTB, Papua, dan Papua Barat yang memiliki prestasi bidang akademik dan non akademik.

Syarat dan ketentuan khusus untuk lulusan yang berasal dari Indonesia bagian Timur adalah: Maksimum lulusan satu tahun terakhir, Transkrip nilai rapor, Transkrip nilai UN, Memiliki Prestasi tingkat sekolah/kabupaten /kotamadya/provinsi/nasional/internasional.

Tags

Tinggalkan Balasan