Ma’ruf Amin: Saya Berdarah Madura

JAKARTA— Wilayah Jawa Timur masih menjadi propinsi tampak sering dikunjungi kedua kandidat pasangan capres-cawapres, termasuk Madura. Calon Wakil Presiden Ma’ruf Amin bertemu dengan ribuan tokoh masyarakat dan warga Bangkalan, Madura, Jumat (19/10), di Pesantren Hidayatulloh Al-Muhajirin, Arosbaya, Bangkalan.

Di hadapan tokoh dan warga Bangkalan, Ma’ruf menyatakan kecintaannya kepada Madura. Ia menceritakan bahwa dia mempunyai darah Madura dari para tokoh dan raja di Madura pada masa lampau.”Saya keturunan Madura dari Kiai Demang Plakaran, Arosbaya, Bangkalan. Beliau mempunyai anak bernama Raden Kiai Pragalba.

Bacaan Lainnya

Lalu cucu beliau yang di Pamekasan kemudian diperistri Raja Sumedang Larang yang kemudian diberi gelar Nyai Ratu Harisbaya yang diambil dari Arosbaya. Dari sana kemudian lahir mbah-mbah saya,” papar Ma’ruf seperti dilansir Kantor Berita RMOLJatim.

Kiai Demang diketahui salah seorang raja di Bangkalan. “Karena saya berdarah Madura, mana mungkin saya lupa Madura,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jatim, Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin yang hadir di lokasi, menyatakan, agenda Ma’ruf Amin di Madura adalah wujud silaturahim awal. Ke depan, telah disiapkan sejumlah agenda lain untuk mengunjungi seluruh kabupaten di Madura.

“Kiai Maruf adalah ulama, dan pasti sangat memahami kultur di Madura yang sangat kental dengan budaya khas pesantren. Dengan silaturahmi ini, kami makin yakin bisa memenangkan Pak Jokowi dan Maruf di Madura dan Jatim secara umum,” ujar mantan Kapolda Jatim itu.

 

(jto)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *