PERAWATAN SKABIES

RADARSUKABUMI.com – Skabies merupakan kulit gatal disebabkan infestasi kutu berkaki delapan, atau yang biasa disebut Sarcoptes scabiei. Rasa gatal yang parah dan menetap di malam hari merupakan tanda gejala infestasi skabies serta merupakan gelaja paling umum yang membuat pasien atau perawat mencari bantuan medis.

Selain rasa gatal, pasien juga mungkin memiliki ruam, lesi berair akibat parasit yang menerobos masuk ke bawah kulit.Skabies dapat di tularkan secara langsung dan kontak tidak langsung ,kontak langsung seperti saling bersentuhan atau melalui alat-alat alat seperti tempat tidur ,handuk dan pakaian.

Bacaan Lainnya

Cara Perawatan skabies Obati semua anggota keluarga bukan hanya yang terinfeksi. Mandi secara teratur dengan menggunakan sabun.cuci pakaian handuk,, sprei, sarung bantal, selimut dan lainnya secara teratur minimal 2 kali dalam seminggu

dengan Ari panas mendidih. Menjemur kasur dan bantal minimal 2 minggu sekali. Kebersihan tangan dan kuku, kaki dan genetaliaTidak saling bertukar pakaian dan handuk dengan orang lain. Hindari kontak dengan orang-orang atau kain serta pakaian yang dicurigai terinfeksi tungau skabies.

Menjaga kebersihan rumah dan berventilasi cukup Bila pengobatan sudah dilakukan secara tuntas, tidak menjamin terbebas dari infeksi ulang, langkah yang dapat diambil adalah sebagai berikut: Cuci sisir, sikat rambut dan perhiasan rambut dengan cara merendam di cairan antiseptik.. Keringkan peci yang bersih, kerudung dan jaket.

Hindari pemakaian bersama sisir, mukena atau jilbab ,handuk dan pakaian Salam semakin sehat dari kami, keluarga besar RS Betha Medika. (*)

 

Oleh : Reni Junianti,Am.Kep
Kepala Unit Ruangan Rawat Inap Bawah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *