Kota SukabumiWISATA

Air Panas Cikundul Masih jadi Wisata Primadona

Kelurahan Cikundul Kecamatan Lembursitu , Kota Sukabumi

RADARSUKABUMI.com – Potensi lokal yang ada di Kelurahan Cikundul Kecamatan Lembursitu beragam. Ada sektor pertanian, peternakan, ada juga sektor pariwisata lokal.

Laporan Rohmat Hidayat

Kelurahan Cikundul Kecamatan Lembursitu termasuk salah satu kelurahan di perbatasan Kota dan Kabupaten Sukabumi yang arah kota adalah Kecamatan Lembursitu sedangkan Kecamatan Gunungguruh masuk Kabupaten Sukabumi.

Sekretaris Kelurahan Cikundul, Erwan Hermawan, S.IP, M.Si menyebutkan Kelurahan Cikundul adalah wilayah yang memiliki potensi di sektor riil dan kepariwisataan. Ia menyebutkan untuk sektor riilnya adalah pertanian dan peternakan sapi.

Hamparan sawah di Kelurahan Cikundul cukup menghijau. Beberapa kampungnya, salah satunya Tegal Panjang menyimpan potensi persawahan. Sehingga, lahan pertanian tampak subur. Sejumlah masyarakat Cikundul selain bekerja di pekerjaan orang-orang kota tapi beberapa penduduk ada juga bekerja di pertanian dengan menjadi buruh tani atau petani.

“Selain sektor pertanian, Kelurahan Cikundul juga berpotensi untuk sektor peternakan,”terangnya. Di sini ada beberapa warga yang bekerja di peteranakan sapi. “Sapi yang diternak ada sapi perah,”katanya.

Ada juga potensi lainnya, yakni pariwisata lokal. “Cukup banyak wisata lokal di Cikundul. Ada bumi perkemahan Cikundul,”tuturnya. Buper Cikundul tersebut lazim dipakai organisasi pramuka untuk berkemah. Kemudian, ada juga wisata lokal Pemandian Air Panas Cikundul yang tak sedikit warga Sukabumi dan luar Sukabumi bertamsya ke Pemandian Air Panas Cikundul.

Hari reguler saja sejumlah wisata lokal berdatang, apalagi hari-hari saat weekend atau masuk masa liburan pengunjung wisata Pemandian Panas Air Cikundul boleh dibilang membludak.

Berdasarkan informasi yang didapat fasilitas yang ada di pemandian air panas Cikundul bukan hanya kolam renang air panas tapi juga beberapa waktu lalu direalisasikan riam jeram Air Panas Cikundul yang melintas Sungai Cikundul/Cimandiri. Terakhir wisata lokal yang pada 2019 juga sedang dirancang adalah berharap terwujudnya Situ Buatan.

 

(cr2/d)

Sekretaris Kelurahan Cikundul, Erwan Hermawan, S.IP, M.Si

Erwan Hermawan,, Kelurahan Cikundul Rancang Situ Buatan, 2019 Berharap Terwujud

Sekretaris Kelurahan Cikundul, Erwan Hermawan, S.IP, M.Si menerangkan bahwa untuk mendukung program Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi dan Wakil Walikota Sukabumi, Andri Hamami pihaknya akan merancang untuk mewujudkan wisata baru. “Yakni, pada 2019 mudah-mudahan terwujud Situ Buatan,”terangnya kepada Radar Sukabumi, kemarin.

Keberadaan Situ Buatan ini jelas di wilayah Kelurahan Cikundul Kecamatan Lembursitu. Menurutnya, luas lahan yang dibangun untuk Situ Buatan 8.000 m2. “Dengan perincian 6.000 m2 adalah luas situnya dan 2.000 m2 untuk fasilitas parkir dan lain sebagainya,”terangnya kepada Radar Sukabumi. “Pembangunan situ ini diperkirakan membutuhkan anggaran Rp1, 5 miliar,”tuturnya seraya berharap program ini bisa terwujud.

 

(cr2/s)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close