Citamiang Masih Wilayah Terpadat

CIKOLE– Kecamatan Citamiang, menjadi wilayah terpadat di Kota Sukabumi. Dengan luas wilayah 4,04 kilometer persegi, kecamatan ini dihuni oleh 53.030 jiwa. Sedangkan urutan kedua kepadatan penduduk ada di Kecamatan Cikole dengan luas 7,08 kilometer persegi dihuni oleh 63.356 jiwa.

Data yang dihimpun Radar Sukabumi dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Sukabumi, kepadatan penduduk tahun 2017, angka kepadatan penduduk yang paling tinggi berada di Kecamatan Citamiang dengan angka 13.058 per kilo meter persegi. Sedangkan jumlah jiwanya mencapai 53.030 jiwa (data konsolidasi bersih semester I tahun 2018).

Bacaan Lainnya

Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi, Iskandar menjelaskan, Iskandar menjelaskan, pertumbuhan jumlah penduduk Kota Sukabumi dari tahun 2017 hingga semester pertama 2018 mencapai 16 persen. “Setiap tahun bertambah, angka itu dapat dari jumlah warga yang lahir, meninggal, pindah dan datang,” jelasnya kepada Radar Sukabumi, kemarin (15/10).

Dari data konsolidasi bersih semester I tahun 2018, lanjut Iskandar, kepadatan penduduk peringkat pertama da di Kecamatan Citamiang, dengan luas wilayah hanya 4,04 kilometer persegi, kecamatan ini dihuni oleh 53.030 jiwa. “Kecamatan Citamiang terpadat, kepadatan penduduknya mencapai 13.058 per kilo meter persegi. Yang kedua, Kecamatan Cikole dengan angka 8.838 per kilo meter persegi,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Kota Sukabumi, Budiman menilai, persoalan kepadatan penduduk harus menjadi perhatian Pemerintah Kota Sukabumi.

Lantaran persoalan tersebut, jika diiringi dengan kebijakan dan program yang baik bakal berdampak buruk. “Tentangan masalah perkotaan ini salahsatunya perkembangan dan kepadatan penduduk. Karena memang, jika tidak diperhatikan bakal menciptakan kekumuhan, kepadatan dan lainnya,” pungkasnya.

 

(upi/t)

===================================================
GRAFISS
Luas Wilayah 4,04 kilometer persegi,
Penduduk 53.030 jiwa,
Angka kepadatan penduduk 13.058 per kilo meter persegi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *