Inilah 5 Dampak Mengerikan Kecanduan Main Gadget

Awalnya hanya sekadar ingin cari hiburan, pilih-pilih game di gadget, scroll media sosial, lama-lama jadi keenakan hingga tanpa sadar, Anda sudah sepanjang hari khusyuk depan layar gadget. Pernah mengalaminya? Sepertinya hampir setiap orang pernah mengalaminya.

Jika tidak pandai membatasi diri, kecanggihan teknologi memang mudah bikin kebablasan.

Bacaan Lainnya

Bahkan bisa berujung pada level yang lebih tinggi, yaitu ketagihan. Senang memang didapat, tetapi ingat segala hal yang sudah menjadi candu juga bakal meninggalkan efek negatif.

Demikian halnya dengan melihat layar gadget. Jika terlalu lama, Anda bisa menerima dampak negatifnya seperti berikut ini, seperti dilansir laman Care2, Rabu (10/9).

1. MASALAH TIDUR

Anda mungkin pernah mendengar bahwa layar gadget memancarkan cahaya biru, sejenis cahaya yang hadir pada siang hari.

Secara biologis, manusia telah terbiasa melihat cahaya biru hanya pada siang hari, dan kehadiran jenis cahaya ini menekan produksi melatonin (hormon yang membantu Anda tertidur).

Bagi banyak orang, melihat layar di malam hari justru bisa mengacaukan hormon, sehingga sulit untuk tertidur.

2. LAYAR FREUSE

Jika Anda bekerja di kantor, Anda mungkin terlalu terbiasa dengan rasa lelah akibat melihat layar komputer terlalu lama, perasaan di mana mata Anda mengalami kesulitan fokus, sering mengarah pada ketidakjelasan dan sakit kepala.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *